Rabu 07 Oct 2020 10:29 WIB

Wanita adalah Ujian Bagi Laki-Laki dalam Sejarah Manusia

Sepanjang sejarah umat manusia wanita adalah ujian bagi laki-laki.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Sepanjang sejarah umat manusia wanita adalah ujian bagi laki-laki. Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Sepanjang sejarah umat manusia wanita adalah ujian bagi laki-laki. Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perempuan dalam beberapa konteks merupakan cobaan bagi kaum laki-laki menurut Islam. Jika mereka tahu hal ini, maka mereka harus menjaga dirinya untuk membendung cobaan ini, demi mencari keridhaan Allah SWT.

Dikutip dari Ensiklopedia Wanita Muslimah oleh Haya Binti Mubarok Al-Barik, dari Usamah bin Zaid, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda :

Baca Juga

عن أسامة بن زيد وسعيد بن زيد بن عمرو بن نفيلغ قال عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما تركت بعدي في الناس فتنة أضر على الرجال من النساء مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Aku tidak meninggalkan cobaan sesudahku yang lebih mendatangkan mudharat bagi kaum laki-laki selain dari wanita.” (Ditakharij Asy-Syaikhani dan At-Tirmidzi).

 

Keberadaan mereka dianggap mendatangkan mudharat, karena birahi kaum laki-laki lebih cenderung kepada perempuan. Di samping itu sering kali terjadi pelanggaran yang haram, pembunuhan, dan permusuhan karena perempuan. 

Setidak-tidaknya perempuan mendorong untuk mencintai dunia. Dari Abu Sa’id Al-Khudri dia berkata, Rasullah SAW bersabda: 

عن أبي سعيد الخدري عن النبي ﷺ قال: ...واتقوا النساء؛ فإن أول فتنة بني إسرائيل كانت في النساء  

“Takutlah kepada wanita, karena cobaan pertama Bani Israil ialah berasal dari wanita,” (HR Muslim). 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement