Rabu 07 Oct 2020 23:16 WIB

Pelaku Kasus Kematian 39 Imigran London Akui Bersalah

Sebanyak 39 imigran Vietnam ditemukan mati dalam truk kontainer di dekat London

Red: Nur Aini
Pemerintah Vietnam sedang menunggu pemulangan 39 mayat yang meninggal di dalam truk kontainer di London.
Foto: Youtube
Pemerintah Vietnam sedang menunggu pemulangan 39 mayat yang meninggal di dalam truk kontainer di London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gheorghe Nica (43 tahun), tersangka kasus kematian 39 migran Vietnam yang jasadnya ditemukan di dalam truk kontainer di dekat London, Inggris, tahun lalu, mengaku bersalah atas pelanggaran keimigrasian.

Dalam pengakuannya di pengadilan Old Bailey London, Nica, yang berkewarganegaraan ganda Inggris-Romania, menyatakan dirinya melakukan sebuah pelanggaran konspirasi untuk membantu menjalankan proses imigrasi yang tidak sah.

Baca Juga

Para korban, yang terdiri dari 31 orang laki-laki dewasa-anak dan delapan perempuan dalam rentang usia 15 hingga 44 tahun, ditemukan pada Oktober 2019 dalam kontainer di belakang truk di sebuah kawasan industri di Grays, Essex, sekitar 32 kilometer arah timur London.

Dari hasil otopsi disimpulkan sementara bahwa penyebab kematian 39 korban itu adalah kombinasi antara hipoksia, atau kekurangan oksigen, dan hipertermia, atau peningkatan suhu tubuh, di dalam ruang tertutup. Nica masih dikenai dakwaan atas pembunuhan secara tak langsung terhadap 39 orang, bersama dengan seorang pelaku lain, Eamonn Harrison (23 tahun) dari Irlandia Utara. Dua pelaku lainnya juga dituduh dengan pelanggaran keimigrasian.

Kedua pelaku lainnya itu telah menyatakan mereka bersalah atas kematian para migran. Pada Agustus, Ronan Hughes (41), penyedia jasa angkutan asal Irlandia, menyampaikan pengakuannya, sedangkan Maurice Robinson (26 tahun), pengemudi truk asal Irlandia Utara, mengakui kesalahannya pada April. Proses persidangan keempat tersangka dijadwalkan pada Rabu pekan depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement