Menikmati Susu Onta Segar dari Suku Badui

Kamis , 08 Oct 2020, 08:08 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Peternakan susu unta di Makkah yang ramai dikunjungi jamaah umrah dan haji.
Peternakan susu unta di Makkah yang ramai dikunjungi jamaah umrah dan haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi jamaah umroh dan haji jika masih memiliki kelonggaran waktu pergilah ke ke tempat perkemahan suku Baduy. Karena di sana anda jamaah sekalian dapat menikmati segarnya susu onta yang diternak oleh warga tradisional Arab Saudi itu.

 

Terkait

Jika ingin melihat bagaimana suku tradisional Arab Saudi (Badui) beraktivitas maka, jamaah umrah dan haji bisa mengambil miqot di Hudaibiyah. Miqot di Hudaibiyah biasanya dilakukan jamaah haji usai melaksanakan rukun dan wajib haji jamaah masih mempunyai kesempatan untuk melaksanakan ibadah umrah sunat sebelum diberangkatkan ke kota Madinah untuk salat arbain di masjid Nabawi.

"Miqot untuk umroh di dekat kota Makkah yang sering dilakukan oleh jamaah adalah Tan'im. Namun bila berkesempatan untuk mengurus sunnah dengan mengambil miqot di Hudaibiyah," cerita H Fatkhul Muin dalam bukunya "Kisah Unik Seputar Ibadah Haji”

Fatkhul Muin menceritakan untuk menuju kota kecil Hudaibiyah ini jamaah bisa naik bus dari kota Makkah dengan melewati gurun pasir yang cukup luas. Selama perjalanan, kita akan melihat di kanan-kiri jalan terhampar lautan pasir yang begitu luas.

Hak ini menjadi pemandangan istimewa karena di pinggir-pinggir jalan banyak kemah-kemah kecil milik suku Baduy.  Mereka tinggal di padang pasir itu siang malam untuk berternak kambing dan unta yang merupakan penghidupan sehari-hari.

Kandang-kandang mereka sederhana, hanya berupa kawat-kawat berduri yang dipasang melingkar tergantung dari jumlah onta yang mereka pelihara. "Paling sedikit mereka memelihara onta 10 ekor unta," katanya.