Jumat 09 Oct 2020 06:04 WIB

Irlandia Utara Bertemu Slovakia di Final Play-off Euro 2020

Irlandia Utara dan Slovakia lolos di semifinal playoff Euro 2020 Jalur B.

Para pemain Irlandia Utara merayakan keberhasilan mengalahkan Bosnia-Herzegovina dalam laga semifinal play-off Euro 2020 Jalur B di Sarajevo, Bosnia, Jumat (9/10) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/FEHIM DEMIR
Para pemain Irlandia Utara merayakan keberhasilan mengalahkan Bosnia-Herzegovina dalam laga semifinal play-off Euro 2020 Jalur B di Sarajevo, Bosnia, Jumat (9/10) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Irlandia Utara dan Slovakia sama-sama membutuhkan adu penalti untuk memenangi laga semifinal play-off Euro 2020 pada Jumat (9/10) dini hari WIB. Kedua tim akan berhadapan di final Jalur B untuk satu tiket berlaga di pesta sepak bola akbar Benua Biru tersebut.

Irlandia Utara yang bertandang ke Stadion Grbavica, Sarajevo, menang adu penalti 4-3 atas Bosnia-Herzegovina setelah sebelumnya memaksakan hasil imbang 1-1, demikian catatan laman resmi UEFA. Tim besutan Ian Baraclough sempat tertinggal lebih dulu akibat gawangnya dijebol Rade Krunic pada menit-menit awal. Namun Niall McGinn berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53.

Baca Juga

Miralem Pjanic hampir merestorasi keunggulan Bosnia pada menit ke-62, tetapi eksekusi tendangan bebasnya masih membentur mistar gawang. Dalam adu penalti kiper Bailey Peacock-Farrell berhasil menghalau eksekusi algojo kedua Bosnia, Haris Hajradinovic, yang disusul oleh tembakan Edin Visca membentur mistar gawang.

Kendati penendang ketiga George Saville gagal menyarangkan bola ke gawang, algojo pemungkas Irlandia Utara Liam Boyce sukses memastikan langkah mereka ke final play-off dengan kemenangan adu penalti 4-3 atas Bosnia.

Adu penalti juga terjadi di Stadion Narodny Futbalovy, Brastislava, setelah Slovakia main tanpa gol melawan Republik Irlandia hingga 120 menit pertandingan. Irlandia sebetulnya hampir memenangkan pertandingan dalam babak tambahan pertama, tetapi bola sepakan Alan Browne membentur mistar gawang.

Browne kembali jadi sorotan sebab gagal melakoni tugasnya sebagai algojo ketiga Irlandia, saat bola tendangannya dihentikan dengan baik oleh kiper Marek Rodak.

Kegagalan itu disusul oleh rekannya, saat eksekusi Matt Doherty membentur mistar gawang memastikan kemenangan adu penalti 4-2 bagi Slovakia. Final play-off Jalur B akan digelar di Windsor Park, Belfast, dengan Irlandia Utara menjamu Slovakia pada 12 November. Baik Irlandia Utara maupun Slowakia baru sekali tampil di putaran final Euro pada edisi terakhir empat tahun silam. Euro 2020 digelar tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement