Sabtu 10 Oct 2020 05:13 WIB

Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim

Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim dan Azerbaijan

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kisah Orang Terkaya: Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim. (FOTO: REUTERS/Eduard Korniyenko)
Kisah Orang Terkaya: Vagit Alekperov, Miliarder Rusia Berdarah Muslim. (FOTO: REUTERS/Eduard Korniyenko)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Salah satu orang terkaya Rusia, Vagit Alekperov atau pemilik nama lengkap Yusufovich Alekperov lahir pada 1 September 1950. Dia adalah seorang pengusaha Azerbaijan dan Rusia, ketua dari perusahaan minyak terkemuka Rusia LUKOIL. Alekperov lahir di Azerbaijan SSR. Berkat perusahaannya, ia telah mengantongi kekayaan mencapai USD17,3 miliar (Rp254 triliun), menurut Forbes.

Ayahnya bekerja di ladang minyak sepanjang hidupnya dan menginspirasi Alekperov untuk mengikuti jejaknya. Ayah Alekperov adalah seorang Muslim Azerbaijan dan ibunya seorang Ortodoks Rusia. Sayangnya, ayah Alekperov meninggal saat ia masih kecil.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Stephen Schwarzman, Miliarder Sobat Karib Donald Trump

Alekperov sendiri dikenal sebagai sosok yang religius, tetapi tidak mendefinisikan dirinya sebagai Muslim atau Ortodoks. Karirnya dimulai di industri saat ia berusia delapan belas tahun.

Sementara itu, Alekperov lulus pada tahun 1974 dari Azerbaijan Oil and Chemistry Institute. Sebagai mahasiswa, ia juga bekerja sebagai operator pengeboran di Kaspmorneft, sebuah perusahaan produksi regional Kaspia.

Setelah lulus, dia masih bekerja di sana hingga pada 1979 dan maju dari insinyur menjadi wakil kepala unit produksi. Di sana, dia harus bekerja dalam kondisi ekstrim di anjungan minyak. Pada suatu kesempatan, pernah terjadi sebuah ledakan di rignya hingga melemparkannya ke laut Kaspia yang berbadai, dan dia harus berenang untuk menyelamatkan nyawanya.

Pada tahun 1979, Alekperov pindah ke Siberia Barat dan bekerja di Surgutneftegaz antara 1979 dan 1985. Ia mendapatkan reputasinya sebagai pakar industri. Pada tahun 1985, ia menjadi wakil direktur umum pertama perusahaan produksi Bashneft.

Dan pada tahun 1987, ia menjadi direktur umum perusahaan produksi Kogalymneftegaz yang baru dibuat. Pada tahun 1990, Alekperov diangkat menjadi wakil menteri Industri Minyak dan Gas Uni Soviet dan menjadi wakil menteri energi termuda dalam sejarah Soviet.

Sebagai wakil menteri industri minyak dan gas Uni Soviet, Alekperov terlibat dalam pembentukan perusahaan energi milik negara yang terintegrasi secara vertikal, Langepas-Uray-Kogalymneft, yang didirikan pada akhir 1991.

Perusahaan itu berdiri sebagai anak perusahaan Kementerian Bahan Bakar dan Energi. Pada bulan April 1993, Langepas-Uray-Kogalymneft menjadi Perusahaan Minyak LUKoil, dengan Alekperov sebagai presidennya.

Sejak saat itu, Alekperov tetap menjadi presiden LUKoil. Ia telah mempekerjakan lebih dari 100.000 orang, saat ini LUKoil adalah salah satu perusahaan minyak yang paling kuat di dunia dengan cadangan kedua setelah ExxonMobil.

Untuk diketahuk, LUKoil adalah perusahaan Rusia pertama yang mengakuisisi perusahaan Amerika. Pada November 2000, LUKoil mengakuisisi Getty Petroleum Marketing dan 1.300 pompa bensinnya di Amerika Serikat.

Seperti banyak oligarki Rusia lainnya, Alekperov juga memiliki bisnis dalam perbankan dan media. Pada Mei 2006 Alekperov menjadi salah satu dari dua pemilik utama IFD Kapital Group.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement