Sabtu 10 Oct 2020 21:02 WIB

Persiapan Stadion Pembukaan MTQ 2020 Tersisa 10 Persen 

Pengerjaan stadioun untuk pembukaan MTQ 2020 terus dilakukan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nashih Nashrullah
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan pengerjaan stadioun untuk pembukaan MTQ 2020 terus dilakukan.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan pengerjaan stadioun untuk pembukaan MTQ 2020 terus dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN- Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, mengatakan sampai sekarang proses Pembangunan Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman sudah 90 persen. 

Stadion ini nanti akan dipakai untuk acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVIII Provinsi Sumbar. MTQ Nasional 2020 ini akan berlangsung pada Novemver. "Pengerjaan jalan terus, sekitar dua minggu lagi mungkin selesai, sekarang persiapannya sudah 90 persen," kata Irwan, Sabtu (10/10). 

Baca Juga

Irwan menargetkan Stadion Utama Sumbar ini rampung dan dapat digunakan pada akhir bulan ini. Irwan menyebut pembangunan stadion ini belum sampai selesai 100 persen. Pemprov Sumbar menyelesaikan pembangunan sampai dapat digunakan untuk MTQ 2020. 

Untuk penyelesaian 100 persen dapat dilanjutkan begitu selesai ajang MTQ. MTQ Sumbar 2020 ini akan dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang. Even nasional ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12-21 November 2020. 

MTQ Nasional 2020 akan berlangsung di tengah pandemi covid-19. Saat peluncuran MTQ Sumbar secara virtual Menteri Agama Fachrul Razi berpesan lima hal yang harus dilakukan. Pertama, seluruh pihak harus berkomitmen penuh menerapkan protokol kesehatan di semua lini. Aspek regulasi dan anggaran untuk memastikan hal itu menjadi prioritas utama. 

Kedua, persoalan fisik dan non fisik seperti kesiapan kafilah, dewan hakim dan lainnya harus disiapkan sesuai kondisi. Ketiga, anggaran dari APBN APBD atau pihak ketiga harus transparan agar tidak menimbulkan kesulitan dalam pertanggungjawaban. Keempat, setiap daerah berlomba dengan kemampuan sendiri, tidak ada peserta dari luar daerah untuk meraih kejayaan semata.

Untuk memastikannya telah digunakan aplikasi e MTQ. Fachrul berharap pelaksanaan MTQ XXVIII dapat mengangkat dan membangkitkan syiar Islam yang rahmatan lil alamin.

  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement