Ahad 11 Oct 2020 08:52 WIB

Dari Mana Sanad Keilmuan Imam Syafii?

Mengenal sosok Imam Syafii

Al Um, Kitab karya Imam Syafii
Foto: google.com
Al Um, Kitab karya Imam Syafii

IHRAM.Co.ID, Meski Imam Syafii adalah imam salah satu imam utama dalam Mahzab Islam Suni dan masyarakat Muslim Indonesia sebagai besar memilih ijtihad dia dalam tata cara ibadahnya, tapi sosok jarang yang tahu secara detil.

Bahkan sanad keilmuannya juga jarang yang paham. Padahal Imam Syafii merupakan salah satu imam madzhab yang dikenal dunia. Beliau menghabiskan hidupnya untuk menuntut ilmu dan menuliskan karya-karya keislaman yang hingga saat ini sangat relevan untuk menjadi acuan umat Muslim dunia.

Dalam buku Mengenal Lebih Dekat Madzhab Syafii karya Muhammad Ajib dijelaskan, Imam Syafii memiliki sanad keilmuan yang tersambung sampai ke Rasulullah SAW. Imam Nawawi yang merupakan salah satu ulama dari kalangan madzhab Syafii pernah mengatakan, Imam Syafii memiliki guru yang sangat banyak.

Di antara guru Imam Syafii yang paling masyhur (terkenal) adalah Imam Malik, Imam Sufyan bin Uyainah, dan Imam Muslim bin Khalid Az-Zanji. Adapun guru beliau yang bernama Imam Malik, merupakan murid dari Rabiah bin Abi Abdirrahman dari Anas bin Malik.

Imam Malik juga merupakan murid dari Nafi’ bin Ibnu Umar. Yang mana kedua sahabat Nabi tersebut belajar langsung dari Rasulullah SAW. Sedangkan guru beliau yang bernama Imam Sufyan bin Uyainah adalah murid dari Amr bin Dinar dari Ibnu Abbas dan Ibnu Umar dari Rasulullah SAW.

Guru beliau yakni Imam Muslim bin Khalid Az-Zanji adalah murid dari Ibnu Juraij dari Atho’ bin Abi Rabah dari Ibnu Abbas. Ibnu Abbas juga mengambil ilmu dari Umar bin Khattab dan Zaid bin Tsabit. Sehingga secara sanad, seluruh guru Imam Syafii mengambil ilmu langsung bersumber kepada Rasulullah SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement