Ahad 11 Oct 2020 15:33 WIB

Konser Virtual BTS Sedot 114 Juta Penonton

BTS menggelar konser 'Map of the Soul ON:E' secara virtual.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nora Azizah
BTS menggelar konser 'Map of the Soul ON:E' secara virtual (Foto: Grup BTS)
Foto: Wikimedia
BTS menggelar konser 'Map of the Soul ON:E' secara virtual (Foto: Grup BTS)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Lebih dari 100 juta penggemar BTS menonton konser online boyband K-pop idolanya pada hari Sabtu (10/10). Mereka memegang tongkat lampu tangan khas dari penggemar BTS, dan saling berbagi pesan di ruang obrolan.

Konser bertajuk "Map of The Soul ON: E," acara virtual itu diselenggarakan setelah grup beranggotakan tujuh orang tersebut membatalkan rencana awalnya untuk mengadakan pertunjukan langsung dengan penonton terbatas. Hal ini sejalan dengan pembatasan jarak sosial yang diperketat oleh pemerintah Korea Selatan. 

Baca Juga

Sebanyak 114 juta penggemar menyaksikan konser tersebut juga didorong oleh kesuksesan lagu "Dynamite". Ini merupakan lagu pertama BTS dan menduduki puncak tangga lagu single Billboard Hot 100 bulan lalu.

"Kalian tidak di sini tapi kami bisa merasakannya di sini, lain kali mari kita benar-benar berada di sini bersama," kata vokalis V atau Kim Tae-hyung, kepada fans saat konsernya, melansir USNews, Ahad.

Sejak debutnya pada tahun 2013, BTS telah memelopori kegemaran kepada K-Pop secara global dengan musik dan tarian mereka.  Saat band ini tampil, dinding latar layar kecil menunjukkan ribuan penggemar bergabung dari seluruh dunia.

Banyak yang melambaikan tongkat cahaya yang dikenal sebagai "army bomb".  Ruang obrolan online juga dibuka untuk memungkinkan penggemar mengirim komentar secara bersamaan.

Di Seoul, sekelompok kecil fans berkumpul di sebuah kafe bertema BTS yang dikelola penggemar untuk menonton konser bersama. Mereka mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain.

"Lagu-lagu mereka memberikan kenyamanan di masa-masa sulit ini dan membuat saya menjadi penggemar," kata An Ji-won, (40 tahun) sambil menangis saat menonton pertunjukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement