Senin 12 Oct 2020 06:27 WIB

Wawancara Pangeran Yang menghebohkan Timur Tengah (Bagian I)

Wawancara Mantan Dubes Arab Suadi untuk AS yang menghebohkan Timur Tengah dan Israel

Pangeran Bandar bin Sultan, mantan dubes Arab Saudi untuk AS.
Foto: google.com
Pangeran Bandar bin Sultan, mantan dubes Arab Saudi untuk AS.

REPUBLIKA.CO.ID, -- REPUBLIKA.CO.ID, -- Inilah wawancara yang menghebohan dari Pangeran Bandar bin Sultan selaku mantan duta besar Arab Saudi untuk AS. Wawancara ini diperbincangkan banyak pihak di Palestina dan Timur Tengah --bahkan Isreal karena sekilas tampak ada keinginan Arab Saudi membuka hubungan dengan Israel menyusul beberapa negara Timur Tengah lainnya, seperti Yordania.

Pada bagian pertama dari rangkaian wawancara eksklusif dari tiga bagian dengan Al Arabiya, Pangeran Bandar bin Sultan membahas posisi Kerajaan dalam perjuangan Palestina. Di sini dia  menyerukan kepemimpinan Palestina atas "kegagalan" historis dan berkelanjutannya, termasuk kritiknya terhadap negara-negara Teluk setelahnya kesepakatan perdamaian UEA-Israel.

Pangeran Bandar selain mantan duta besar Arab Saudi untuk AS, dia juga menjabat sebagai direktur jenderal Badan Intelijen Saudi dari 2012 hingga 2014. Setelah itu menjabat kepala Dewan Keamanan Nasional dari 2005 hingga 2015.

Terbaru: Bagian kedua dari wawancara ditayangkan pada pukul 6 sore. GMT pada hari Selasa. Di dalamnya, Pangeran Bandar bin Sultan membahas bagaimana pemimpin Palestina Yasser Arafat telah menggagalkan upaya untuk menemukan kesepakatan damai, meskipun ada tawaran dari dua presiden AS.

Transkrip lengkap wawancara lengkap Pangeran Bandar bin Sultan dengan Al Arabiya seperti di bawah ini:

Pangeran Bandar bin Sultan: Setelah menuliskan semua yang telah kita diskusikan kemarin dan kemudian membacanya, saya berkata pada diri saya sendiri, mungkin yang terbaik adalah berimprovisasi dan berbicara terus terang.

Alasan mengapa saya memutuskan untuk berbicara malam ini adalah bahwa dalam beberapa hari terakhir, saya telah mendengar pernyataan mengejutkan yang dikutip dari kepemimpinan Palestina. Awalnya, saya menolak untuk mempercayai apa yang saya dengar, kemudian satu atau dua hari kemudian saya melihatnya dengan mata kepala sendiri di TV.

Pembawa berita Palestina: Kepemimpinan Palestina mengumumkan penolakan dan kecaman kerasnya atas deklarasi trilateral Amerika-Israel-Emirat yang mengejutkan.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas: Mereka telah berpaling dari segalanya: hak-hak rakyat Palestina, negara Palestina, solusi dua negara, dan kota suci Yerusalem yang telah dianeksasi dan telah dideklarasikan. Mereka menyangkal semua ini dan berkata "kami datang kepadamu dengan menghentikan pencaplokan, berbahagialah orang Palestina."

Pejabat Palestina Saeb Erekat: Sebuah tusukan beracun di belakang rakyat Palestina dan upaya untuk mencoba dan menyiasati legitimasi internasional.

Pangeran Bandar bin Sultan: Apa yang saya dengar dari kepemimpinan Palestina akhir-akhir ini sungguh menyakitkan untuk didengar. Tingkat wacana yang rendah ini bukanlah yang kami harapkan dari para pejabat yang berusaha mendapatkan dukungan global untuk perjuangan mereka. Pelanggaran mereka terhadap kepemimpinan negara-negara Teluk dengan wacana tercela ini sama sekali tidak dapat diterima.

Namun, jika kita ingin melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, tidak mengherankan melihat betapa cepat para pemimpin ini menggunakan istilah seperti "pengkhianatan", "pengkhianatan", dan "penikaman punggung", karena ini adalah cara mereka dalam menangani satu sama lain. Pemimpin Jalur Gaza [Hamas], yang telah memisahkan diri dari PA [Otoritas Palestina] untuk memerintah Gaza secara mandiri, menuduh kepemimpinan Tepi Barat melakukan pengkhianatan, sementara pada saat yang sama, kepemimpinan Tepi Barat menuduh pemimpin separatis Jalur Gaza menikam mereka dari belakang .

Upaya-upaya di tahun-tahun terakhir akan lebih difokuskan pada perjuangan Palestina, inisiatif perdamaian, dan melindungi hak-hak rakyat Palestina untuk mencapai titik di mana penyebab yang adil, meskipun dirampok, akhirnya dapat melihat cahaya, dan ketika saya mengatakan dirampok, Maksud saya, baik pemimpin Israel maupun Palestina sama-sama.

Reaksi pertama saya adalah kemarahan. Namun, setelah memikirkannya, amarah saya berubah menjadi kesedihan dan sakit hati. Saya teringat peristiwa yang saya saksikan terkait dengan perjuangan Palestina dari 1978 hingga 2015. Saya ingin memberikan gambaran singkat tentang posisi kepemimpinan Saudi dan Negara Saudi terhadap Palestina pada periode 1939 hingga 1978.

Peristiwa ini ingin saya bicarakan hari ini.

Dan terus terang kata-kata saya hari ini ditujukan kepada saudara dan saudari saya, warga Arab Saudi, karena mereka adalah prioritas saya dan mereka adalah prioritas bagi negara mereka dan wali kami Raja Salman, Tuhan memberkatinya, dan Putra Mahkotanya, Pangeran Mohammed [bin Salman ].

Tetapi ini adalah kebiasaan kepemimpinan Saudi dari zaman pendiri, Raja Abdulaziz, dan raja-raja yang mengikutinya hingga Raja Salman saat ini.

Namun saya ingin memberikan gambaran singkat tentang posisi kepemimpinan Saudi, negara Saudi, terhadap Palestina selama periode antara 1939 hingga 1978.

Merupakan hak rakyat Palestina, dan hak rakyat Arab, bagi Israel untuk menarik diri dari tanah Arab yang didudukinya pada tahun 1967, dan bagi rakyat Palestina untuk kembali ke tanah airnya.

Mereka menggarisbawahi bahwa perdamaian adalah dasarnya, tetapi [seharusnya tidak] mengorbankan hak-hak rakyat Palestina.

Setetes darah Palestina lebih berharga daripada harta bumi dan segala isinya.

Kami menegaskan kembali posisi tegas kami terhadap pemulihan semua hak sah rakyat Palestina.

Saya bukan saksi langsung untuk periode itu atau terlibat di dalamnya berdasarkan pekerjaan saya. Namun, laporan singkat yang mencakup periode dari 1939 hingga 1978 semuanya didokumentasikan dan terkenal. Pengetahuan yang saya miliki tentang periode itu berasal dari dokumen yang saya akses setelah saya memasuki layanan diplomatik dan politik untuk melayani negara saya.

Saya juga mendengarnya dari orang-orang yang hidup pada masa itu, seperti almarhum Raja Fahd, Raja Abdullah, Pangeran Sultan dan Pangeran Naif, semoga Tuhan mengasihani mereka semua, dan pejabat Saudi lainnya. Saya juga mendengarnya langsung dari Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, yang memiliki hubungan dekat dengan semua pejabat Palestina, karena kami semua prihatin dengan perjuangan Palestina, yang kami anggap sebagai tujuan nasional dan adil.

Namun, izinkan saya untuk memulai dengan mengatakan beberapa hal yang dapat memberikan konteks pada kata-kata saya dan mengapa saya mengatakannya.

Perjuangan Palestina adalah penyebab yang adil, tetapi para pendukungnya adalah kegagalan dan perjuangan Israel tidak adil, tetapi para pendukungnya telah terbukti berhasil. Itu meringkas peristiwa 70 atau 75 tahun terakhir. Ada juga kesamaan yang dimiliki oleh kepemimpinan Palestina berturut-turut secara historis; mereka selalu bertaruh di pihak yang kalah, dan itu ada harganya.

Amin al-Husseini pada tahun 1930-an mempertaruhkan Nazi di Jerman, dan kita semua tahu apa yang terjadi pada Hitler dan Jerman. Dia diakui oleh Jerman, Hitler, dan Nazi karena berdiri bersama mereka melawan Sekutu ketika stasiun radio Berlin menyiarkan rekamannya dalam bahasa Arab, tapi hanya itu yang dia dapatkan, yang tidak ada gunanya bagi kepentingan Palestina.

Ke depan, tak seorang pun, terutama kami di negara-negara Teluk, yang bisa melupakan citra Abu Ammar [Yasser Arafat] saat ia mengunjungi Saddam Hussein pada 1990 setelah pendudukan Kuwait. Orang Arab menduduki dan Kuwait, bersama dengan negara-negara Teluk lainnya, selalu menyambut Palestina dengan tangan terbuka dan merupakan rumah bagi para pemimpin Palestina. Namun kami melihat Abu Ammar di Baghdad, memeluk Saddam, dan tertawa serta bercanda dengannya saat dia mengucapkan selamat kepadanya atas apa yang telah terjadi. Hal ini berdampak menyakitkan pada semua orang di Teluk, terutama pada saudara dan saudari Kuwait kita, khususnya Kuwait yang tinggal di Kuwait dan melawan pendudukan.

Beberapa bulan kemudian, sebagai contoh lain dari kegagalan dalam memilih pihak, pertempuran untuk pembebasan Kuwait dimulai dan Saddam Hussein menyerang ibu kota Arab Saudi dengan rudal. Itu adalah pertama kalinya seseorang meluncurkan rudal di ibu kota Arab Saudi. Bahkan Israel tidak meluncurkan rudal ke Kerajaan. Ngomong-ngomong, kami adalah orang-orang yang membeli rudal-rudal ini untuk Saddam guna mendukungnya dalam perang melawan Persia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement