Senin 12 Oct 2020 07:51 WIB

Yasser Arafat Berbohong? (Wawancara Pangeran Bandar III)

Wawancara Pangeran Yang Hebohkan Timur Tengah, Palestina, dan Israel

Bill Clinton, Yitzhak Rabin,_Yasser_Arafat_di White_House_13 September 1993
Foto: google.com
Bill Clinton, Yitzhak Rabin,_Yasser_Arafat_di White_House_13 September 1993

REPUBLIKA.CO.ID,

Transkrip wawancara bagian tiga

Bagian ketiga dimulai dengan kutipan dari bagian kedua: "Setelah menuliskan semua yang telah kita diskusikan kemarin dan kemudian membacanya, saya berkata pada diri sendiri, mungkin yang terbaik adalah berimprovisasi dan berbicara terus terang, uban yang saya miliki adalah karena mereka … Saya mengatakan kepadanya bahwa dia dapat menggunakan pesawat yang saya datangi untuk pergi ke Jeddah dan kami tidak melihatnya selama sebulan ... selalu ada peluang baru tetapi selalu hilang ... Mereka selalu mengatakan tidak, dan kami selalu mendukung mereka meskipun kami tahu penolakan mereka akan menjadi bumerang ... tetapi Hafez al-Assad mengancam akan membunuh saya dan membuat keributan di antara orang-orang Palestina, membuat mereka melawan saya ... warga Saudi harus bangga dengan posisi yang diambil oleh bangsa dan kepemimpinan mereka. "

Berikutnya adalah Kesepakatan Oslo pada 1993. Apa yang terjadi di Oslo sudah terkenal. Ammar [Yasser Arafat], [mantan Perdana Menteri Israel Yitzhak] Rabin, dan [mantan Presiden Simon] Peres pergi ke Washington dan menandatangani Persetujuan Oslo dan saling mengakui, hal yang sebelumnya dilarang dilakukan oleh semua orang. Tetapi kita tidak boleh lupa bahwa momen itu adalah tahap penting selama periode di mana tidak ada gerakan positif terhadap perjuangan Palestina, dan terlepas dari semua peristiwa yang saya sebutkan, apakah itu Abu Ammar yang pergi ke Saddam [Hussein], atau menari. di Nablus dalam perayaan dipukulnya Riyadh, dan seterusnya ... Setelah semua ini, kami tidak memiliki hubungan, semua hubungan dengan Abu Ammar dan rakyatnya terputus, tetapi kami tidak memutuskan hubungan kami dengan perjuangan Palestina. Palestina bukanlah pemimpinnya, Palestina adalah Palestina. Merekalah yang menyebabkan kerugian, bukan kita, dan jika terjadi sesuatu seperti boikot setelah pembebasan Kuwait dan seterusnya, merekalah alasannya.

Segera setelah perang, Raja Fahd memerintahkan saya untuk bekerja dengan Presiden Bush Sr. dan Menteri Luar Negeri [James] Baker agar segera mencapai sesuatu untuk perdamaian. Kemudian Pangeran Saud, Baker, dan saya duduk bersama pada tahun 1991. Diskusi berlangsung dengan [mantan Presiden Soviet Mikhail] Gorbachev pada saat itu, dan ada kesepakatan untuk mengadakan konferensi perdamaian di Madrid pada bulan Oktober 1991. Itu sangat penting karena itu sangat penting karena itu disponsori oleh dua negara adidaya: AS dan Uni Soviet. Jadi kami mulai merencanakan konferensi Madrid, seperti yang saya katakan, mengingat pentingnya konferensi itu karena diadakan di bawah naungan dua negara adidaya dan akan dihadiri oleh Presiden Bush dan Presiden Gorbachev. Presiden [Suriah] [Hafez] al-Assad memutuskan untuk tidak hadir, jadi Raja Fahd meminta saya untuk pergi dan menemuinya. Saya bertemu dengan Presiden al-Assad di istananya di Latakia, dan setelah dialog yang panjang, saya menjelaskan kepadanya sikap Raja Fahd dan bahwa itu melayani Suriah dan tidak merugikannya, dan melayani pengaruh Arab vis-a-vis perjuangan Palestina.

 

Saya berkata, "Mr. Presiden, Anda memiliki beban yang merupakan Dataran Tinggi Golan yang diduduki, dan kami ingin melihatnya dibebaskan, Insya Allah, dan beban perjuangan Palestina. Tidak mungkin seluruh dunia Arab pergi, dan negara-negara Arab yang penting adalah negara-negara Teluk seperti yang diwakili oleh sekretaris jenderal mereka, yang akan saya temani, kemudian Mesir, Palestina, Yordania, dan Lebanon. Orang Lebanon mengatakan mereka hanya akan pergi jika Anda pergi. Anda adalah Presiden Suriah, dan Suriah akan absen sementara dua negara adidaya hadir."

Dia berpikir sejenak, kami sedang duduk di salonnya membuka ke balkon besar yang menghadap ke laut. Di balkon, saya bisa melihat seorang pemuda dari pasukan keamanannya membawa Kalashnikov dan berjalan mondar-mandir. Semoga Tuhan mengasihani Hafez al-Assad, dia memiliki perbuatan buruk dan perbuatan baik, tetapi satu hal tentang dia yang saya ingat adalah dia tidak pernah berbohong kepada saya. Tetapi baginya untuk setuju adalah salah satu hal yang paling sulit, mendapatkan persetujuannya ... tetapi begitu dia setuju, dia berkomitmen.

Dia berkata kepada saya, "Saya setuju, dan saya akan mengirimkan delegasi kami yang dipimpin oleh [mantan Menteri Luar Negeri] Faruq al-Sharaa, dan tentu saja jika saudara-saudara Lebanon kita ingin pergi, mereka dapat pergi." Saya berkata, "Tuan Presiden, jika Anda pergi, orang Lebanon akan pergi." Dia bilang OK, dan menteri luar negeri Lebanon pada saat itu adalah [Tarif] Boueiz. Dia kemudian mengatakan sesuatu kepada saya yang tidak akan pernah saya lupakan, dia berkata, "Dengarkan baik-baik, apakah Anda melihat pemuda di sana itu?" Saya bilang iya. Dia berkata, "Setelah kami mengumumkan bahwa kami akan menghadiri pertemuan tatap muka di mana Israel hadir, saya tidak percaya bahwa saya dapat membelakangi dia." Saya kemudian memahami besarnya masalah bagi dia secara internal, keamanan dan partisan. Kemudian, saya memikirkannya, dan sebenarnya tidak aneh, Anda mengisi kepala dan hati orang dengan ide tertentu, dan tiba-tiba sebuah peluang muncul tanpa Anda memiliki kesempatan untuk meyakinkan orang-orang dengan kebijaksanaan dan kepentingan umum yang disajikan oleh kesempatan ini. . Seperti apa yang saya coba lakukan sekarang dengan warga Saudi.

Saya katakan kepadanya, "Tuan Presiden, sebaliknya, Anda adalah panutan bagi rakyat Anda dan mereka mempercayai Anda. Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini, mereka akan mengerti, Insya Allah." Kami pergi ke Madrid dan sisanya adalah sejarah. Sebuah insiden kecil terjadi di Madrid. Ada seorang pemuda Palestina yang mengenakan keffiyyeh [syal tradisional] Palestina di pundaknya, dan ketika Abdullah Bishara dan saya akan memasuki ruang pertemuan, kami mendengar diskusi hangat di dalam. Kami bertanya apa yang sedang terjadi, dan kami diberi tahu bahwa delegasi Israel keberatan dengan orang Palestina yang mengenakan keffiyyeh di atas bahunya. Kami bertanya mengapa. Mereka berkata, "Dia tidak bisa masuk dengan mengenakan itu, dia harus melepasnya dan kemudian masuk." Saya melihat seluruh diskusi tidak berakhir, tetapi saya dipindahkan ... pertama, tanah mereka diambil, dan kemudian dia diberitahu bahwa dia tidak bisa memakai keffiyyeh di atas bahunya ... Saya berkata, "Tunggu, jika pemuda Palestina ini tidak bisa datang dengan mengenakan apa yang dia inginkan, sesuatu yang dia anggap patriotik, maka saya dan Abdullah Bishara dan delegasi Teluk akan mundur. " Ketika Anda berhenti berpikir setelah momen yang menentukan, Anda harus siap dan harus logis. Seperti kata pepatah, jika Anda ingin bersyukur, mintalah apa yang mungkin.

Jadi, saya berkata, "Tapi saya akan melepas keffiyyeh pemuda ini dari bahunya jika anggota delegasi Israel yang mengenakan penutup kepala melepasnya." Orang-orang yang kami ajak bicara terdiam. Keamanan Spanyol, keamanan Amerika dan tampaknya ada orang Israel juga. Ngomong-ngomong, kemudian Jim Baker datang dan mereka memberi tahu dia apa yang sedang terjadi, dan dia berkata, "Sekarang saya tahu mengapa ada masalah di Timur Tengah. Jika Anda tidak setuju jika seseorang dapat mengenakan pakaian nasional mereka maka kita memiliki masalah yang lebih besar. dari yang saya bayangkan. "

Saya berkata, "Jim, selamat datang di Timur Tengah." Kita tertawa. Kemudian dia berkata, "Jangan buang waktu. Presiden Bush dan Gorbachev sedang dalam perjalanan. Setiap orang harus masuk dan duduk sesuka mereka." Jadi, kami masuk. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa ini adalah cerita konyol, tetapi memiliki makna yang lebih dalam bagi siapa saja yang ingin memahaminya.

Setelah kejadian itu dan setelah Oslo, pada 1995 mereka mulai bernegosiasi satu sama lain, dan mereka tidak lagi membutuhkan mediator untuk duduk bersama mereka atau pertemuan rahasia. Mereka mulai bertemu di depan umum dan seterusnya.

Pada tahun 1995, ada pertemuan yang dihadiri oleh orang Suriah, Palestina, dan Israel, tetapi orang Suriah bersikeras bahwa ini bukan pertemuan gabungan Arab-Israel. Orang Palestina bertemu dengan orang Israel dan orang Suriah bertemu dengan orang Israel. Ketika mereka pertama kali memulai, mereka tidak akan duduk di ruangan yang sama, tetapi kemudian pertemuan menjadi tatap muka dan seterusnya. Negosiasi berlangsung dari tahun 1995 hingga 2000 tetapi tidak menghasilkan sesuatu yang nyata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement