Senin 12 Oct 2020 22:37 WIB

China Merilis Peraturan Perjalanan Haji Muslim Tionghoa

Memastikan keamanan mereka selama perjalanan.

China Merilis Peraturan Perjalanan Haji Muslim Tionghoa (ilustrasi).
Foto: REUTERS/Yasser Bakhsh
China Merilis Peraturan Perjalanan Haji Muslim Tionghoa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -- China merilis peraturan tentang urusan terkait haji yang dibuat oleh Muslim China untuk memastikan keamanan perjalanan dan memberikan layanan yang lebih baik dalam mengatur perjalanan haji bagi orang-orang yang beriman. Peraturan tersebut memiliki total 42 pasal tentang penyelenggaraan urusan yang berhubungan dengan haji, termasuk satu pasal yang mengatur bahwa ibadah haji Muslim Tionghoa harus diatur sesuai dengan hukum.

Asosiasi Islam Tionghoa adalah satu-satunya organisasi yang berwenang mengatur umat Muslim Tionghoa untuk pergi ke Makkah di Arab Saudi untuk menunaikan haji. Peraturan tersebut menetapkan tidak ada organisasi atau individu lain yang boleh mengatur perjalanan tersebut, dan warga negara China harus memenuhi persyaratan dasar saat melamar haji. 

Dilansir dari Global Times, Senin (12/10), orang yang pergi ke luar negeri untuk menunaikan ibadah haji harus mematuhi hukum dan peraturan China dan negara tujuan, dan menentang ekstremisme agama, sesuai dengan peraturan tersebut. Departemen terkait diminta memenuhi tanggung jawab dan melarang kegiatan haji ilegal. 

Berlaku mulai 1 Desember, peraturan itu bertujuan untuk memfasilitasi ziarah Muslim China serta memastikan keamanan mereka selama perjalanan, kata analis dan kelompok agama yang dihubungi oleh Global Times

Peraturan tersebut dikeluarkan bersama oleh delapan kementerian dan departemen - Administrasi Agama Nasional, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keamanan Umum, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Komisi Kesehatan Nasional, Administrasi Pusat Bea Cukai, Administrasi Negara untuk Pengaturan Pasar, dan Administrasi Penerbangan Sipil. Cina. 

Sebuah sumber yang akrab dengan urusan terkait haji di China mengatakan kepada Global Times bahwa Asosiasi Islam China memiliki kantor untuk pekerjaan haji dan akan mengambil peran utama dalam mengatur haji. Asosiasi Islam di seluruh China akan menawarkan bantuan di bawah bimbingan Asosiasi Islam China dalam memfasilitasi prosedur bagi Muslim lokal.

China telah mengatur penerbangan charter setiap tahun bagi Muslim China untuk terbang ke Makkah untuk haji. 

Secara historis, beberapa Muslim di daerah terpencil China adalah miskin dan hanya sedikit dari mereka yang mampu melakukan haji. Setelah tahun 1949, karena masalah keamanan, umat Islam yang ingin haji di Mekah secara bertahap meminta bantuan kepada pemerintah daerah dan organisasi Islam. Pada 1990-an, Tiongkok mulai menyelenggarakan ziarah haji ke Arab Saudi, kata Zhu Weiqun, mantan kepala Komite Urusan Etnis dan Agama dari Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, kepada Global Times sebelumnya. 

"Mengatur perjalanan haji disambut baik oleh umat Islam di China, karena layanan yang lebih baik ditawarkan selama perjalanan. Perjalanan haji tahunan China yang terorganisir dengan baik juga disambut oleh Arab Saudi, yang menghadapi tekanan besar pada transportasi dan infrastruktur lainnya selama haji," kata Zhu.

Umat ​​Muslim yang dihubungi oleh Global Times juga mengatakan bahwa mereka menyambut baik perjalanan terorganisir untuk menunaikan ibadah haji karena membantu mereka menghindari bahasa dan masalah lainnya. Selama perjalanan, jemaah juga didampingi oleh tim medis serta ustadz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement