Selasa 13 Oct 2020 06:19 WIB

Ardha: Mister Global 2020 Digelar November atau Desember

Talenta yang menang di tingkat nasional akan melenggang ke panggung internasional.

(ilustrasi) Pria dewasa.
Foto: tangkapan layar google
(ilustrasi) Pria dewasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengusaha di bidang manajemen model, Ardha Parmato Alam, tengah serius menggarap kelanjutan proyek Mister Global Indonesia. Mister Global adalah ajang yang dikhususkan untuk melahirkan talenta di bidang pemilihan tingkat nasional dan membawa nama Negara Indonesia ke tingkat Internasional. Ajang ini serupa Miss Universe di dunia kaum Hawa.

Pada tahun 2018, bersama rekannya Denny Aprilian, Ardha mencoba mengambil fanchise tingkat international yang tengah naik namanya di dunia internasional ini.

Ia menceritakan awal mula menginginkan Mister Global untuk Indonesia ketika di tahun 2017 franchise tersebut masih menjadi milik orang lain. Saat itu, perwakilan Indonesia Reynaldi Rifaldo yang merupakan talenta di managemennya ia dampingi ke ajang internasional tersebut untuk pertama kalinya.

"Pada awal perilisan Mister Global Indoesia pada tahun 2018, saya dan tim membuat sistem yang sangat sedehana namun berkualitas. Saya membuat audisi tingkat nasional dan di selenggarakan di Jakarta lalu terpilihlah 5 wakil terbaik dari beberapa provinsi," kata sosok kelahiran Yogyakarta, 7 Februari 1985 ini.

photo
Ardha Parmato Alam. - (Dok. Pri)

Setelah melalui beberapa sistem penyaringan, kata dia, terpilihlah Hafidz Ragah dari Provinsi DI Yogyakarta untuk wakil Indonesia di Mister Global Internasional pada tahun 2018. Singkat cerita, Hafidz mendapatkan gelar Best National Costume untuk Indonesia.

Pada tahun 2019 lalu, ia dan tim mematangkan proses pemilihan tingkat nasional. Dibantu oleh Fitno dari Fcorp selaku sponsor Utama dan melibatkan perancang busana seperti Hengki Kawilarang serta menghadirkan Rossa pada malam finalnya, terpilihlah juara pada tahun 2019 bernama Herman Yosef Cahono asal Provinsi DI Yogyakarta. "Di tingkat international Herman mendapatkan peringkat keenam dan mengharumkan nama Indonesia menjadi lebih baik," ujar Ardha.

Pada tahun ini Ardha dan tim akan kembali mengadakan pemihan Mister Global tingkat nasional yang kemungkinan digelar pada November atau Desember nanti. 

"Tahun ini Mister Global akan kami adakan lagi. Konsepnya bakal semakin matang. Kali ini juga akan mengikuti protokol kesehatan sesuai regulasi dari pemerintah," ujar Ardha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement