Rabu 14 Oct 2020 11:44 WIB

UBSI Tasikmalaya Sosialisasikan Pemanfaatan Marketplace 

Saat pandemi, marketplace menjadi peluang untuk berbisnis.

Dosen Kampus UBSI Tasikmalaya menggelar kegiatan pengabdian masyarakat untuk warga Kelurahan Empangsari.
Foto: Dok UBSI
Dosen Kampus UBSI Tasikmalaya menggelar kegiatan pengabdian masyarakat untuk warga Kelurahan Empangsari.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pandemi Covid-19 yang semakin meluas, memberi pukulan besar bagi kehidupan  masyarakat Indonesia. Salah satunya terkait perekonomian warga. Berbagai kegiatan mengalami dampak terutama kegiatan berkerumun. Begitu pula transaksi jual beli yang dilakukan secara langsung, kini dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19. Maka dari itu, pemanfaatan Marketplace sangat berperan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi ini menjadi salah satu solusi.

Mengingat kondisi dan kebutuhan saat ini, dosen Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tasikmalaya mengadakan kegiatan pangabdian masyarakat berupa workshop tentang pemanfaatan marketplace bagi warga Empang Sari, Tasikmalaya. Kegiatan berlangsung pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2020 dengan melibatkan dosen dan mahasiswa,  melalui Zoom video conference.

Menurut Tuti selaku ketua pelaksana kegiatan, pengabdian masyarakat ini bisa membantu perekonomian warga dan menambah penghasilan warga sedikit demi sedikit. 

“Masa pandemi saat ini, marketplace menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk tetap bertransaksi secara aman dan terjaga. Selain itu potensi market yang lebih besar dan luas memungkinkan meraup calon pembeli yang banyak pula,” ujarnya, Selasa (13/10) dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

photo
Warga Kelurahan Empangsari mengikuti sosialisasi pemanfataan marketplace yang diadakan dosen Kampus UBSI Tasikmalaya. (Foto: Dok UBSI)

Ia menjelaskan,  workshop ini memberikan pelatihan secara langsung kepada warga untuk memilih marketplace apa saja yang ingin dituju, dan membantu mereka untuk melakukan pendaftaran serta mengoperasikan marketplace tersebut kapan saja dan dimana saja dengan praktis. 

Kegiatan ini  mendapatkan antusiasme dari  para  peserta. Salah satunya Taufiq Rahman   yang mempunyai bisnis sampingan sebagai penjual souvenir. Menurutnya, pelatihan yang diberikan sangat membantu usahanya dalam memasarkan produk. 

“Dengan memanfaatkan marketplace ini saya menjadi lebih mudah mendapatkan pelanggan dengan waktu yang cukup singkat.  Selain itu kemudahan yang ditawarkan dalam pengoperasian marketplace ini juga tidak memakan waktu yang banyak sehingga lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaan yang lain juga,” tutur Taufiq Rahman. 

Selain kegiatan workshop pemanfaatan marketplace, sebagai bentuk kepedulian dalam melawan Covid-19, dosen UBSI Tasikmalaya juga memberikan bantuan berupa masker dan sabun untuk cuci tangan serta spanduk sosialiasi waspada Covid-19 yang diserahkan secara simbolis kepada pihak Kelurahan Empangsari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement