Rabu 14 Oct 2020 14:57 WIB

Pekalongan Fasilitasi Tes Usap Gratis

Pemkot akan terus secara masif menyelenggarakan tes usap gratis.

Petugas medis melakukan tes usap atau swab test.
Foto: Prayogi/Republika
Petugas medis melakukan tes usap atau swab test.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memfasilitasi penyelenggaraan tes usap (swab) pada warga secara gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto, mengatakan bahwa pemkot akan terus secara masif menyelenggarakan tes usap gratis kepada masyarakat dengan harapan dapat mencegah laju penyebaran COVID-19.

Baca Juga

"Kami tidak hanya menggalakkan tes usap pada aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dilakukan belum lama ini namun juga pada masyarakat. Hari ini (Rabu, red.) kita selenggarakan tes usap gratis untuk warga Kecamatan Pekalongan Utara," katanya.

Budi berpesan pada masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak, dan berperilaku hidup sehat.

Camat Pekalongan Utara Camat Pekalongan Utara Sri Karyati mengatakan mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan masyarakat untuk mengikuti tes usap adalah melampirkan dokumen data diri seperti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Mekanisme untuk mengikuti tes usap ini, kata dia, sudah disampaikan pada lurah agar memberikan informasi pada warganya melalui ketua rukun tetangga (RT) atau pun rukun warga (RW).

"Jadi warga yang berminat melakukan tes usap akan didata dari kelurahannya masing-masing dan selanjutnya diusulkan pada dinas kesehatan (dinkes)," katanya.

Ia menambahkan setelah data warga diinput oleh dinkes maka mereka tingga menunggu apakah tes usap akan diselenggarakan di masing-masing kelurahan, secara kolektif di kecamatan, dan atau dilaksanakan di Rumah Sakit Hermina.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement