Senin 19 Oct 2020 14:10 WIB

Islam di Mali, Mayoritas yang Rentan dengan Konflik Internal

Islam di Mali memiliki komunitas dan mazhab yang beragam.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Islam di Mali memiliki komunitas dan mazhab yang beragam. Masjid Djenne, Mali, Afrika
Foto: wikipedia.org
Islam di Mali memiliki komunitas dan mazhab yang beragam. Masjid Djenne, Mali, Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO – Mali merupakan negara mayoritas muslim. Sebanyak 95 persen dari penduduknya merupakan Muslim.

Muslim di Mali merupakan bagian dari Muslim di Afrika Barat berada sejak abad kesebelas bahkan ad ayang menyebut telah ada sejak abad sembilan. Daerah yang sekarang menjadi Mali telah menjadi pusat dari beberapa kerajaan Islam yang terkenal, termasuk Kekaisaran Ghana, Kerajaan Songhay, dan negara-negara yang didirikan melalui jihaf yang dipimpin para sufi pada abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh.  

Baca Juga

Di kota-kota dan kota-kota di tepi Sahara, termasuk pusat ibadah dan pembelajaran terkenal seperti Djenne, Gao, dan Timbuktu-Islam Sunni, yang sering dikaitkan dengan persaudaraan Qadiri Sufi, sangat dominan.

Para pejuang abad kesembilan belas membawa persaudaraan Tijani Sufi ke Mali dalam kekuatan (meskipun mereka tidak semuanya dipimpin oleh Tijani), memperkenalkan sebuah tradisi. 

Ditandai dengan upaya yang diakui untuk mereformasi dan memperbarui praktik Islam sambil membantu menciptakan negara yang mengklaim untuk memerintah menurut Islam hukum atau syariah.  

Namun, karena Muslim Mali memiliki mazhab yang tidak seragam saat ini, ISIS bentrok dengan mereka yang berorientasi pada praktik keagamaan tradisional, serta di antara mereka sendiri. 

Kemudian Prancis memulai kolonisasi bertahap di wilayah yang sekarang menjadi Mali pada pertengahan abad ke-19, sebagian besar menyelesaikan proyek tersebut pada awal abad ke-20. M

Meskipun pejabat Prancis pada awalnya bekerja dengan para pemimpin Muslim pilihan mereka, terutama di Senegal. Prancis akhirnya mengadopsi kebijakan yang dirancang untuk membatasi penyebaran Islam. 

Pejabat militer dan administrasi Prancis selalu waspada terhadap potensi pemberontakan oleh kelompok Muslim. Banyak pejabat seperti itu semakin khawatir tentang aktivis Muslim dan Islam pada umumnya selama abad kedua puluh. 

Namun, popularitas Islam tumbuh pesat di Mali pada periode ini  begitu pula perdebatan tentang bentuk yang benar dari praktik dan kepemimpinan agama. Pada awal abad ke-20, aliran Tijaniyya muncul di daerah yang meluas ke seluruh Mauritania dan Mali modern, dipimpin  seorang pria yang dikenal sebagai Cheikh Hamallah.  

Dia mencoba untuk menetap di Nioro du Sahel (kemudian kota perdagangan), tetapi pejabat Prancis berulang kali mendeportasi dia karena diduga menentang otoritas mereka. 

Dia meninggal di Prancis pada 1943. Salah satu putranya, yang sekarang disebut sebagai Cherif of Nioro, sekarang mengepalai cabang Tijaniyya yang didirikan ayahnya, setelah membantu memperluas kekuatan politik dan ekonomi kelompok tersebut di Mali. 

Tahun 1930-an dan 1940-an menyaksikan tumbuhnya tradisi pemikiran dan praktik Islam lainnya, yang sebagian dipengaruhi oleh perkembangan di Timur Tengah dan Afrika utara, serta dunia Muslim yang lebih luas.

Tradisi ini dicirikan dorongan yang kuat untuk mereformasi praktik pendidikan dan keagamaan, menyebarkan ajaran bahasa Arab, dan mengembalikan praktik Islam ke akarnya di Alquran dan Sunnah, ajaran dan ucapan yang dikaitkan dengan Nabi Muhammad dan para sahabatnya, salaf al-shalih (leluhur yang saleh).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement