Selasa 20 Oct 2020 18:45 WIB

Koeman tak Anggap Barcelona Favorit di Liga Champions

Barca akan melawan Ferencvaros di Stadion Camp Nou, Rabu (21/10) dini hari WIB.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/Quique Garcia
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akan mengawali pertandingan pembuka Liga Champions musim ini melawan Ferencvaros, di Stadion Camp Nou, Rabu (21/10) dini hari WIB. Ini menjadi ujian pertama Ronald Koeman di pentas Eropa bersama Barcelona.

Banyak penilaian jelang melawan Ferencvaros bahwa Blaugrana favorit memenangkan Liga Champions. Namun Koeman menampik anggapan itu. Kendati demikian, dia yakin penampilan Lionel Messi dan kawan-kawan akan lebih baik.

Barcelona mengawali musim ini dengan hasil kurang memuaskan. Dari empat laga yang dilakoni, mereka memenangkan dua pertandingan, satu mengalami kekalahan dan satu kali imbang.

“Saat Anda di Barcelona, Anda selalu ingin berada di sana untuk memperebutkan trofi, baik di La Liga atau Eropa. Kami bukan favorit, tapi kami bisa melangkah jauh," katanya dilansir dari The National, Selasa (20/10).

Kegagalan Barcelona musim lalu di Liga Champions terutama kekalahan memalukan dari Bayern Muenchen 8-2 juga menjadi catatan bagi klub rasaksasa Katalan. Kekalahan tersebut juga yang dianggap menjadi pemicu Messi ingin hengkang.

Messi sering menyuarakan ingin mengangkat tropi Liga Champions. Musim ini adalah kesempatan terakhir penyerang asal Argentina itu bisa mewujudkannya. Pasalnya, kontraknya akan berakhir musim depan dan kemungkinan akan hengkang.

"Saat ini, Anda mungkin bisa mengatakan bahwa penampilannya bisa lebih baik," kata Koeman tentang Messi  yang baru sekali mencetak gol musim ini.

Koeman mengeklaim, Messi senang di Barcelona jika melihat perkembangannya setiap hari. Koeman tak memiliki keraguan terhadap komitmen Messi serta usahanya mengangkat tropi. Pelatih berkebangsaan Belanda ini pun akan fokus melawan Ferencvaros meski empat hari kemudian akan melakoni laga besar melawan Real Madrid.

Koeman mengakui, melawan Madrid tak akan mudah. Ia memastikan akan menurunkan pemain terbaik melawan rival abadinya itu. Namun ia terlebih dahulu fokus melawan Ferencvaros. Sebab Ferencvaros diprediksi akan menyulitkan.

“Selalu penting untuk memenangkan pertandingan grup Liga Champions pertama, terutama di kandang,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement