16 Rabiul Akhir 1442

Hanan, Wanita Saudi Pertama di Jabatan Strategis

Rabu , 21 Oct 2020, 06:17 WIB Reporter : Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Hanan Al-Ahmadi, Asisten Ketua Dewan Shura Pemberdayaan Wanita Arab Saudi
Hanan Al-Ahmadi, Asisten Ketua Dewan Shura Pemberdayaan Wanita Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA--Raja Salman bin Abdulaziz menunjuk Hanan Al-Ahmadi sebagai Asisten Ketua Dewan Shura Pemberdayaan Wanita Arab Saudi. Penunjukan langsung ini membuat Hanan menjadi wanita pertama yang memegang jabatan strategis di kerajaan.

Al-Ahmadi diangkat ke posisi tertinggi ketiga dari dewan shura dan sekarang dia menjadi wanita Arab Saudi pertama yang memegang posisi kepemimpinan di badan negara.

 

Mengomentari penunjukannya, Hanan Al-Ahmadi mengatakan bahwa keputusan itu menunjukkan semangat kepemimpinan Saudi untuk meningkatkan peran perempuan dalam proses pengambilan keputusan.

 

Arab Saudi telah bekerja untuk memungkinkan perempuan mencapai posisi pengambilan keputusan di sektor publik dan swasta. Dengan konsekuensi, wanita telah ditunjuk untuk posting seperti wakil menteri, duta besar dan direktur universitas.

 

Al-Ahmadi memiliki gelar S1 dalam bidang ekonomi dari universitas King Saud, PhD dalam bidang kesehatan masyarakat dari University of Pittsburgh dan S2 dalam bidang manajemen perawatan kesehatan dari universitas Tulane School of Public Health and Tropical Medicine.

 

Al-Ahmadi juga merupakan anggota dewan pendana Forum Ekonomi Riyadh, Anggota Dewan Direktur Asosiasi Manajemen Saudi, Eewan Editorial Journal of Public Administras dan Dewan ilmiah lembaga administrasi publik dan seorang profesor administrasi layanan kesehatan di institut administrasi publik di arab Saudi 

 

Al-Ahmadi adalah salah satu wanita pertama yang ditunjuk untuk dewan Shura pada mei 2014, dalam keputusan bersejarah. Selama masa jabatannya di dewan, dia melayani dalam beberapa komite, seperti komite ekonomi dan energi, urusan kesehatan dan lingkungan, dan komite persahabatan parlemen kelima.

 

Perjalanan Al-Ahmadi tidak akan mudah diberikan tanggung jawab yang melekat pada posnya. Dia akan membantu memimpin dewan ke-150 anggota yang memiliki 30 anggota wanita.

 

 

 

widget->kurs();?>