Rabu 21 Oct 2020 11:14 WIB

Pasar Properti Arab Saudi Tetap Tangguh

Otoritas Kerajaan untuk membebaskan kesepakatan tarif PPN sebesar 15 persen

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Bendera Arab Saudi.
Foto: Eurosport
Bendera Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Sebuah perusahaan jasa real estate komersial Amerika Serikat (AS), JLL mengatakan pasar properti residensial Arab Saudi diperkirakan akan bertahan meskipun terdapat tantangan makroekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus Covid-19. Prospek tersebut didukung oleh keputusan baru-baru ini dari otoritas Kerajaan untuk membebaskan kesepakatan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) 15 persen. Sebaliknya mengenakan tarif PPN 5 persen pada transaksi.

“Sektor perumahan juga menunjukkan aktivitas konstruksi yang kuat pada Q3 2020 dengan sekitar 10.000 unit yang diserahkan di Riyadh dan Jeddah. Ini membuat total pasokan perumahan menjadi 1,3 juta dan 834.000 masing-masing di Riyadh dan Jeddah,” kata Kepala Penelitian untuk JLL MENA, Dana Salbak, dilansir di English Al Arabiya, Rabu (21/10).

Dia menambahkan ke depannya tarif sewa perumahan di Kerjaan diperkirakan akan tetap berada di bawah tekanan dalam jangka pendek sampai menengah. Ini didukung oleh faktor makroekonomi yang lebih luas seperti pertumbuhan tingkat pengangguran dan akibat pengerutan pendapatan rumah tangga.

Sementara sektor perkantoran telah mengalami tekanan penurunan di seluruh Kerajaan dengan di Riyadh bekerja lebih baik secara keseluruhan.

 

JLL mencatat pasar ritel melihat operator dan pemilik mal terus mempertahankan penyewa dan mempertahankan rata-rata kuarta melalui penggunaan insentif. Seperti periode bebas sewa dan diskon sementara. Sektor ini akan tetap berada di bawah tekanan dalam jangka pendek karena lebih banyak pasokan memasuki pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement