Ahad 25 Oct 2020 06:43 WIB

Perlunya Memperbanyak Sedekah Saat Haji dan Umroh

Sedekah saat haji dan umroh sangat dianjurkan.

Perlunya Memperbanyak Sedekah Saat Haji dan Umroh. Foto: Ilustrasi Sedekah
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Perlunya Memperbanyak Sedekah Saat Haji dan Umroh. Foto: Ilustrasi Sedekah

IHRAM.CO.ID, MAKKAH --  Syekh Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada dalam kitab Mausuu’atul Aadaab Islamiyah mengungkapkan, sedekah merupakan amal yang sangat dicintai Allah, mendatangkan keridhaan-Nya dan mencegah kemarahan-Nya. Selama mengerjakan haji dan umroh, seseorang akan banyak menjumpai peminta-minta dan orang yang membutuhkan bantuan. Maka dari itu, selayaknya jamaah haji memperbanyak sedekah sesuai dengan kemampuannya untuk mendapat pahala.

Selain itu, juga perlu memberikan sedekah kepada teman seperjalanan. 

Baca Juga

‘’Di dalam memberikan nafkah kepada teman seperjalanan terdapat pahala yang besar dari Allah. Di samping itu akan menciptakan perasaan gembira dan kasih sayang di antara mereka. Maka seharusnya dia meniatkannya untuk mendekatkan   diri kepada Allah, bukan untuk pamer,’’ papar Syekh Sayyid Nada.

Bertakwa kepada Allah berarti mentaati apa yang Dia perintahkan dan menjauhi apa yang Dia larang dalam segala urusan dan pada setiap waktu. Hendaknya jamah haji selalu muraqabah (merasa diawasi oleh Allah) serta menjauhi segala perkara yang mendatangkan kemurkaan Allah. Dalam hatinya seharusnya juga selalu mengaharapkan rahmat-Nya dan takut kepada kemurkaan-Nya

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement