8 Rabiul Akhir 1442

Kenali Kubah Shakhrah Agar tak Tertukar dengan Masjidil Aqsa

Sabtu , 24 Oct 2020, 13:42 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Kubah Shakhrah (Dome of The Rock) yang berada di tengah Komples Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.
Kubah Shakhrah (Dome of The Rock) yang berada di tengah Komples Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

IHRAM.CO.ID, Bila ada ke Jerusalem dan masuk ke dalam komplek Masjidil Aqsa kadang salah kira tentang sebuah masjid berkubah keemasan yang ada di tengah komplek itu. Banyak yang mengira itu adalah Masjidil Alqsa. Padahal, itu adalah bangunan Kubah Shakrah atau juga dikenal dengan sebutan Dome of the Rock.

''Ternyata Masjidil Aqsa masjidnya bukan itu. Kubah Alsa adalah hitam. Saya pernah juga salah kira ketika ke Jerusalem dahulu,'' kata seorang travel, Santi, yang sekitar dua tahun silam pergi mengunjungi Jerusalem.

Selain salah kira soal 'Dome Of The Rock sebagai Masjidil Aqsa, dia juga salah kira bila mudah saja masuk ke komplek Masjidil Aqsa yang berada di wilayah kota tua Jerusalem. Ternyata penjagaan dari tentara Israel sangat ketat. Tak hanya memindai dan memeriksa pengunjung dengan alat canggih, merea juga mengecek media sosial orang yang akan masuk ke Aqsa.

''Sejak masuk ke Jerusalem kami sudah diawasi ketat. Dari paspor atau surat sejenis paspor, mereka mengecek kegiatan pengunjung yang ada di media sosial. Kalau terkesan dia sangat anti Israel, maka tak bakalan dikasih masuk. Tentara Israel juga berjaga dengan senjata lengkap,'' katanya lagi.

Bila dilihat dari situs Wikipedia, kubah Shakhrah (Arab: مسجد قبة الصخرة (baca: Qubbah As-Sakhrah), Ibrani: כיפת הסלע (baca.: Kipat Hasela), Turki: Kubbetüs Sahra, Inggris: Dome of the Rock, arti harfiah: "Kubah Batu") adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha. Kompleks ini sendiri berada dalam tembok  Kota Lama Jerusalem (Jerusalem Timur). Tempat ini disucikan dalam agama Islam dan Yahudi.

Kubah Shakhrah ini selesai didirikan tahun 691 Masehi. Ini menjadikannya seagai bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat suci bagi umat Yahudi dan umat Islam. 

Bangunan ini memang terkadang oleh para pelancong kerap disalahartikan dengan Masjid Al Aqsha. Masjid AL-Aqsa sendiri merupakan nama dari keseluruhan kompleks tersebut, sedangkan Kubah Shakhrah adalah salah satu bangunan yang berdiri di kompleks tersebut, tepatnya berada di bagian tengah kompleks. Bersama Masjid Al Qibli, Kubah Shakhrah merupakan bangunan utama dalam Masjid Al Aqsha dan kerap menjadi lambang yang mewakili keseluruhan kompleks tersebut.

 

widget->kurs();?>