Ahad 25 Oct 2020 06:34 WIB

Malaikat Jibril Bertanya Tanda Kiamat, Ini Jawaban Rasul SAW

Rasulullah SAW menjawab pertanyaan kiamat dengan menyebutkan tanda-tandanya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW menjawab pertanyaan kiamat dengan menyebutkan tanda-tandanya. Hari Kiamat (Ilustrasi)
Rasulullah SAW menjawab pertanyaan kiamat dengan menyebutkan tanda-tandanya. Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Saat bersama Umar bin Khattab dan para sahabat lainnya, tiba-tiba Rasulullah SAW didatangi oleh seorang laki-laki dengan pakaian yang sangat putih dan wajahnya tidak menampakkan jejak-jejak perjalanan. Rasulullah Saw kemudian mengetahui bahwa laki-laki tersebut adalah Malaikat Jibril yang sedang menyamar.

Dikutip dari buku 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW karya Fuad Abdurahman, malaikat Jibril yang sedang menyamar itu kemudian bertanya kepada Rasulullah tentang tanda-tanda Hari Kiamat.  

عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: ... فَأَخْبِرْنِي عَنْ السَّاعَةِ. قَالَ: مَا الْمَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنْ السَّائِلِ. قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِهَا؟ قَالَ: أَنْ تَلِدَ الْأَمَةُ رَبَّتَهَا، وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ. ثُمَّ انْطَلَقَ، فَلَبِثْنَا مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ: يَا عُمَرُ أَتَدْرِي مَنْ السَّائِلُ؟. ‫‬قُلْتُ: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ: فَإِنَّهُ جِبْرِيلُ أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِينَكُمْ   

 

 

"Ceritakanlah kepadaku tanda-tanda (datangnya) Hari Kiamat itu!" kata laki-laki itu. Rasulullah SAW kemudian menjawab, "Apabila seorang budak perempuan melahirkan majikannya, apabila orang telanjang dan tidak beralas kaki menjadi pemimpin manusia, dan apabila para penggembala telah bermewah-mewahan dengan gedung-gedung yang megah. Itulah di antara tanda-tanda kiamat. Ada lima perkara yang tidak diketahui kecuali oleh Allah." 

Kemudian Rasulullah SAW membaca firman Allah SWT: "Sesungguhnya Allah memiliki pengetahuan tentang Kiamat, Dialah yang menurunkan hujan, Dia mengetahui apa yang ada di dalam rahim, tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal". (QS Luqman [31]: 34). 

Lalu, laki-laki itu meninggalkan majelis. Rasulullah SAW berpaling kepada para sahabat, "Bawalah kembali laki-laki itu kepadaku!" Maka, para sahabat berusaha mengejarnya, tetapi mereka tak mendapati jejak-jejak kepergiannya. Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada Umar, "Wahai Umar, tahukah engkau siapakah yang bertanya tadi?"

Umar menjawab, "Allah dan Rasul-nya lebih mengetahui." "Ia adalah Jibril yang datang mengajarkan agama kepada manusia," kata Rasulullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement