16 Rabiul Akhir 1442

Mossad: Hubungan Diplomatik Arab Saudi-Israel akan DIbuka

Ahad , 25 Oct 2020, 13:01 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Bendera Israel dan Arab Saudi. (Ilutrasi(
Bendera Israel dan Arab Saudi. (Ilutrasi(

IHRAM.CO.ID, -- Kabar mengenai pembukaan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Israel kembali terdengar. Kali ini ada pernyataan dari Direktur Mossan, Yossi Cohen, yang mengatakan bila waktu pengumuman normalisasi antara Israel dan Arab Saudi kemungkinan besar akan terjadi setelah berakhirnya pemilihan presiden AS.

Alasan untuk perkiraan tanggal tersebut, Cohen menjelaskan, adalah karena keinginan Riyadh untuk menyajikan normalisasi sebagai semacam "hadiah" kepada Presiden AS Donald Trump atau saingannya dari Partai Demokrat Joe Biden, tergantung pada hasil pemilihan.

"Mereka sepertinya menunggu pemilihan AS, untuk memberikan 'hadiah' kepada presiden terpilih," jelasnya, seperti dilansir Jerusalem Post.

Kesepakatan normalisasi juga dilaporkan akan melibatkan kesepakatan senjata antara AS dan Arab Saudi." Tindakan ini juga dapat berfungsi untuk meredam langkah tersebut," kata Cohen.

Hubungan yang dinormalisasi adalah sesuatu yang dinanti-nantikan oleh banyak orang di Israel dan Arab Saudi. Dalam jajak pendapat baru-baru ini oleh Zogby Research Services menemukan bahwa hampir 80% orang Saudi mendukung upaya normalisasi hubungan dengan Israel dalam lima tahun ke depan. Ini mencerminkan jajak pendapat lain yang diterbitkan oleh Mitvim - Institut Kebijakan Luar Negeri Israel, yang melihat Arab Saudi sebagai negara yang paling ingin dinormalisasi oleh sebagian besar orang Israel.

Selain itu, N12 juga melaporkan mengutip sumber-sumber Israel bahwa pembicaraan normalisasi yang dimediasi AS antara negara Yahudi dan Oman hampir mencapai terobosan. Faktanya, sumber-sumber ini percaya Oman adalah negara yang paling mungkin untuk menormalkan hubungan berikutnya, meskipun beberapa percaya Muscat akan mengambil pendekatan yang lebih hati-hati dan tidak menandatangani apa pun sampai pemilihan selesai.

 

Pengumuman ini mengikuti gelombang hubungan penuh yang sedang dibangun antara Israel dan negara-negara di dunia Arab, dengan Sudan baru-baru ini mengumumkan langkah menuju normalisasi.

 

widget->kurs();?>