17 Rabiul Akhir 1442

UEA-Arab Saudi Bentuk Tim Bahas Kemitraan Ekonomi

Senin , 26 Oct 2020, 00:56 WIB Reporter :Mimi Kartika/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
UEA-Arab Saudi Bentuk Tim Bahas Kemitraan Ekonomi (ilustrasi)
UEA-Arab Saudi Bentuk Tim Bahas Kemitraan Ekonomi (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI -- Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) akan membentuk tim kerja untuk membahas kerja sama dan kemitraan ekonomi antarkedua negara. Keputusan ini diambil usai pertemuan yang membahas cara kerja sama antara UEA dan Arab Saudi di bidang ekonomi, komersial, dan investasi selama periode mendatang, menyoroti peran strategis Dewan Koordinasi Saudi-Emirat.

Pertemuan digelar virtual yang diikuti Menteri Ekonomi UEA Abdulla bin Touq Al Marri, Menteri Keuangan Saudi Mohammed Al-Jadaan, Menteri Perdagangan dan Investasi Saudi Majid Al Qasabi, Menteri Negara untuk Kewirausahaan dan Usaha Kecil dan Menengah Ahmed Belhoul Al Falasi, serta Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Thani bin Ahmed Al-Zeyoudi.

Pertemuan tersebut juga melihat cara untuk meningkatkan kemitraan strategis yang ada antarkedua negara melalui peningkatan dan diversifikasi pertukaran perdagangan. Termasuk untuk memfasilitasi pergerakan barang dan produk antara UEA dan Arab Saudi.

Selain itu, untuk mengembangkan hubungan perdagangan GCC dengan pasar global, meningkatkan komunikasi di swasta, tingkat sektor untuk membangun kegiatan komersial yang sukses dan kemitraan investasi bilateral, memperkuat kerja sama di bidang inovasi, teknologi, kewirausahaan dan dukungan dari para pemula, serta sektor penerbangan sipil dan ketahanan pangan, dan peluang yang diberikan oleh Dubai Expo yang akan dimulai tahun depan.

“Kami akan fokus pada peningkatan intra-perdagangan, meningkatkan peluang investasi bilateral, serta keunggulan kompetitif bagi ekonomi UEA dan Saudi, menciptakan peluang baru di bidang ekspor untuk perusahaan di kedua negara, dan kami akan bekerja untuk membentuk kerja bersama. kelompok untuk menindaklanjuti semua aspek kerjasama dan kemitraan,” ujar Al Marri dikutip Argaam, Sabtu (25/10).

Sementara itu, Al-Zeyoudi mengatakan, upaya kerja sama akan membantu memanfaatkan fundamental pembangunan di kedua negara, memfasilitasi pergerakan perdagangan, meningkatkan peluang investasi, dan mengeksplorasi investasi yang lebih menjanjikan. Al-Qasabi menambahkan, komite bersama Saudi-UEA akan meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi, investasi, dan perdagangan.

Volume pertukaran perdagangan antara kedua negara dianggap yang tertinggi di antara negara-negara GCC, dengan total AED 113,2 miliar (31 miliar dolar AS) pada 2019, naik 5 persen year-on-year (YoY). Arab Saudi ialah mitra dagang terbesar ketiga UEA di antara negara-negara GCC, dan yang pertama di antara negara Arab.

Arab Saudi merupakan hub pertama di dunia untuk ekspor non-minyak UEA, serta mengekspor kembali dan juga merupakan pengekspor terbesar kedelapan dunia ke UEA. UEA adalah pasar ketiga dunia untuk ekspor Saudi dan peringkat eksportir kedua dunia ke Kerajaan pada tahun 2019.

Nilai investasi langsung Saudi di UEA melebihi AED 16 miliar dan UEA memiliki nilai investasi AED 34 miliar di Arab Saudi dengan hampir 122 proyek investasi untuk lebih dari 65 perusahaan investasi di UEA yang melakukan mega proyek di Arab Saudi.

 

widget->kurs();?>