Senin 26 Oct 2020 06:54 WIB

Beberapa Peristiwa Bongkar Pasang Batu Hajar Aswad

Batu Hajar Aswad beberapa kali mengalami peristiwa bongkar pasang.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Beberapa Peristiwa Bongkar Pasang Batu Hajar Aswad. Foto ilustrasi: Penjaga Hajar al-Aswad
Foto: alarabiya.net
Beberapa Peristiwa Bongkar Pasang Batu Hajar Aswad. Foto ilustrasi: Penjaga Hajar al-Aswad

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Hajar Aswad adalah batu Rubi bundar berwarna hitam dan berlubang, terletak di sudut tenggara Ka'bah atau sebelah kiri Multazam. Nabi Muhammad SAW mengatakan, Hajar Aswad merupakan batu yang berasal dari surga dengan warna putih namun karena banyak dicium dan dipegang manusia batu ini berubah jadi hitam.

"Hajar Aswad diturunkan dari surga, warnanya lebih putih dari susu, dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam." (HR Tirmidzi).

Baca Juga

Mind Muhammad dalam bukunya "Magnet Umrah" menyampaikan batu Hajar Aswad ini memiliki beberapa peristiwa (bongkar pasang) setelah Allah turunkan ke bumi.

Perjalanan Hajar Aswad pertama antara tahun 1859-1820 SM di mana tahun ini Nabi Ibrahim AS meletakkan Hajar Aswad di Ka'bah ketika membangun Ka'bah.

 

Pada tahun 400 M Amir bin harits bin Madhah al-Jurhum memasukkan ke dalam sumur zamzam, di tahun yang sama, Qushay bin Kilab kakek kelima Rasulullah meletakkan kembali Hajar Aswad ke Ka'bah. Tahun 606 M banjir merusak Ka'bah dan 180 H Abdullah bin Zubair memasang lingkaran Dita perak di sekeliling Hajar Aswad.

Pada 7 Dzulhijah 317 H Abu Tahir mudah mencopot Hajar Aswad dan kemudian tahun 10 Dzulhijah  Hajar Aswad dikembalikan ke tempat asalnya.

Tahun 363 H Hajar Aswad dipukul oleh seorang laki-laki asal Romawi, Tetapi dia tidak berhasil membawanya tahun 413 H seorang laki-laki dari bani Fatimiyah memecahkan Hajar Aswad.

Tahun 990 H seorang laki-laki asing memukul Hajar Aswad. Tahun 1268 H Sultan Abdul Madjid mengganti lingkaran perak pada Hajar Aswad menjadi lingkaran emas.

Tahun 1293 H Sultan Abdul Aziz mengganti lingkaran emas pada Hajar Aswad menjadi lingkaran perak. Dan Muharram 1351 H seorang laki-laki asal Afganistan mencungkil pecahan Hajar Aswad dan mencuri potongan kain kiswah Ka'bah. Pencuri itu namanya Richard Burton dan telah masuk Islam.

28 Rabiul Akhir 1351 Hijriah Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman As Saud merekatkan kembali Hajar Aswad yang telah pecah dan memberinya lingkaran perak di sekelilingnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement