18 Rabiul Akhir 1442

Asuransi Kredit Etihad Dorong Industri Perdagangan Halal

Selasa , 27 Oct 2020, 01:05 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Halal
Ilustrasi Halal

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Asuransi Kredit Etihad (ECI), agen kredit ekspor federal UEA, meluncurkan solusi kredit ekspor baru yang sesuai dengan Syariah. Solusi ini bertujuan meningkatkan industri perdagangan halal negara tersebut.

"Melalui kredit perdagangan, keuangan, dan solusi investasi yang sesuai dengan Syariah, kami mendukung sektor non-minyak UEA dan meningkatkan daya saing bisnis. Solusi ini akan memberi kesempatan bagi bisnis UEA yang beroperasi dalam perdagangan halal keunggulan kompetitif di pasar internasional,” kata kepala eksekutif ECI, Massimo Falcioni, dilansir di The National News, Senin (26/10).

Lembaga tersebut mengatakan akan menawarkan asuransi kredit perdagangan, yang menawarkan polis omset keseluruhan, polis jangka pendek risiko tunggal, dan polis jangka panjang risiko tunggal. Tak hanya itu, ditawarkan pula asuransi surat kredit konfirmasi, pembiayaan ekspor Islam dan asuransi investasi asing di bawah solusi pengaduan Syariah.

Dengan solusi kredit perdagangan ini, ECI optimis dapat membantu perusahaan memulihkan biaya guna memenuhi pesanan yang berakhir buruk karena Covid-19. Akibat pandemi ini, tak jarang perusahaan mengalami kebangkrutan hingga tak dibayar gajinya.

Selain itu, perusahaan yang memanfaatkan solusi ini bisa mendapatkan pinjaman dan kapasitas pendanaan tambahan dari bank dengan tingkat konsesi. Segala aktifitas ini mendapatkan jaminan dari ECI.

Pengeluaran di seluruh dunia untuk makanan halal, farmasi, dan sektor gaya hidup Islam diproyeksikan mencapai 3,2 triliun USD pada tahun 2024. Menurut Laporan Negara Bagian Ekonomi Islam Global 2019/20, yang ditugaskan oleh Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai (DIEDC) dan dikembangkan oleh DinarStandard yang berbasis di AS, angka ini naik 45 persen dari tahun 2018.

Menurut laporan yang sama, pertumbuhan tersebut didorong oleh Muslim yang makmur, meningkatkan kepatuhan pada nilai-nilai etika, keterlibatan berkelanjutan perusahaan multinasional dan investor global, dan semakin banyak strategi nasional yang didedikasikan untuk produk halal dan peluang terkait.

"Tren kenaikan ini selanjutnya dapat diperkuat dengan penggunaan yang lebih luas dari kredit perdagangan aman karena dapat membantu bisnis membebaskan arus kas dan pertumbuhan keuangan," kata Falcioni.

ECI, yang didirikan pada tahun 2018, memberikan jaminan dan solusi asuransi untuk mengurangi risiko politik dan komersial dari ekspor, dengan menawarkan pembiayaan atau pembiayaan kembali transaksi ekspor atas nama pemerintah UEA.

Entitas tersebut memiliki kemitraan dengan bank lokal dan internasional yang dapat menawarkan pinjaman kepada perusahaan UEA, guna mendanai ekspor ke pembeli luar negeri, dengan ECI yang menyediakan asuransi. 

 

widget->kurs();?>