12 Rabiul Akhir 1442

Sahabat Nabi SAW yang Bertahan 30 Hari Hanya dengan Zamzam

Senin , 26 Oct 2020, 23:58 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (27/7). Sebagian jamaah membawa air zamzam ke pemondokannya untuk diminum di kamar.
Sejumlah jamaah haji meminum air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (27/7). Sebagian jamaah membawa air zamzam ke pemondokannya untuk diminum di kamar.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Manfaat air Zamzam tidaklah diragukan lagi. Bahkan banyak sahabat Nabi Muhammad SAW yang telah merasakan langsung. 

Ini antara lain sebagaimana dialami langsung sahabat Nabi, Abu Dzar Al-Ghifari, yang ketika itu datang ke Makkah. Dalam sebuah riwayat dari Shahih Muslim, disebutkan demikian: 

 عندما جاء مكة، ودخل الحرم، ومكث فيه ثلاثين يوماً؛ وفيه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لأبي ذرٍّ: (مَتَى كُنْتَ ها هنا؟) قال: قلتُ: قد كنتُ ها هنا مُنْذُ ثَلاَثِينَ، بين لَيْلَةٍ وَيَوْمٍ. قال:(فَمَنْ كان يُطْعِمُكَ؟) قال: قلتُ: ما كان لي طَعَامٌ إلاَّ مَاءُ زَمْزَمَ، فَسَمِنْتُ حتى تَكَسَّرَتْ عُكَنُ بَطْنِي، وما أَجِدُ على كَبِدِي سُخْفَةَ جُوعٍ. قال: (إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ، إِنَّهَا طَعَامُ طُعْم

 

Baca Juga

Muhammad Rasulullah bertanya kepada Abu Dzar yang telah tinggal selama 30 hari siang malam di sekitar Ka'bah tanpa makan dan minum, selain minum air Zamzam. 

Melihat keadaan itu Rasulullah bertanya kepada Abu Dzar. "Siapa yang telah memberimu makanan?"

Abu Dzar menjawab, "Saya tidak makan apapun selain meminum air Zamzam ini, tapi saya bisa gemuk dengan adanya gumpalan lemak di perutku, saya juga tidak merasa lelah atau lemah karena lapar dan tidak menjadi kurus." 

Lalu Rasulullah tersenyum dan menjelaskan tentang khasiat air Zamzam. 

"Sesungguhnya, air Zamzam ini adalah air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi." 

Dalam kitabnya, Zaad al-Ma'ad, Ibnu Qayyim menceritakan, bahwa dirinya dan begitu orang selain dirinya telah mengalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan Air Zamzam. Dengan izin Allah ia telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpanya.   

شاهدْتُ مَنْ يتغذَّى به الأيام ذوات العَدَد، قريباً من نصف الشهر أو أكثر، ولا يجد جوعاً، ويطوف مع الناس كأحدهم، وأخبرني أنه ربما بقي عليه أربعين يوماً، وكان له قوة يجامع بها أهله، ويصوم، ويطوف مراراً

"Aku juga menyaksikan seorang yang telah menjadikan Air Zamzam sebagai makanan selama berapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih," katanya. 

Orang itu, kata Ibnu Qayyim, tidak mendapati rasa lapar, sehingga tetap melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain makan minum secara normal. 

Orang itu telah memberitahunya bahwa ia terkadang seperti itu selama 40 hari tetapi ia juga memiliki kekuatan untuk berjima, berpuasa, dan melaksanakan thawaf.   

 

 

widget->kurs();?>