Selasa 27 Oct 2020 05:56 WIB

Memotret Luar Angkasa dari Atas Gurun Arab Saudi

Pengamat bintang Saudi menggabungkan tradisi kuno dengan teknologi mutakhir.

Memotret Luar Angkasa dari Atas Gurun Arab Saudi (ilustrasi).
Foto: nasa/esa
Memotret Luar Angkasa dari Atas Gurun Arab Saudi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JEDDAH -- Orang-orang Saudi telah bertahun-tahun berkelana untuk menjelajahi berbagai lanskap negara, dengan kunjungan yang berfokus pada pengamatan bintang dan pengamatan meteor.

Dilansir dari Arab News, Senin (26/10), tanah terbuka Kerajaan Arab Saudi yang luas memberikan salah satu pemandangan ruang paling optimal di wilayah tersebut, rahasia tersembunyi belum sepenuhnya ditemukan, dan yang memberi makan pikiran penasaran dan membangunkan raksasa tidur di atas.

Selama ribuan tahun, orang Arab yang melakukan perjalanan melintasi daratan di kawasan itu menggunakan bintang untuk bernavigasi melalui medan yang kasar dan gurun yang luas. Suku-suku asli mewarisi keterampilan navigasi mereka di darat dan laut dari mereka yang melakukan perjalanan dari satu ujung Arab ke ujung lainnya.

Saat ini, satelit dan aplikasi navigasi melakukan pekerjaan itu, tetapi rasa ingin tahu orang-orang tetap ada, dan banyak yang masih melihat titik biru atau merah dari planet bercahaya, sistem bintang, dan konstelasi dalam upaya untuk memahami signifikansi historis dan keindahannya.

Fotografer di Kerajaan telah memajukan bidang fotografi alam, dengan beberapa bercabang menjadi astrofotografer, mendokumentasikan peristiwa angkasa seperti gerhana dan hujan meteor. Yang paling tajam bahkan melangkah lebih jauh dan menangkap nebula dan gugus bintang.

Banyak cendekiawan Muslim abad pertengahan memberikan kontribusi besar pada astronomi - dari upaya sukses Ibn Yunus dalam mengoreksi perhitungan sejarah pergerakan planet Yunani hingga Abd Al-Rahman Al-Sufi, yang merupakan astronom pertama yang mengamati Galaksi Andromeda dan Awan Magellan Besar.

Anas Al-Majed, seorang astrofotografer setia yang tinggal di Riyadh, membeli teleskop pertamanya tujuh tahun lalu dan dapat melihat pegunungan dan kawah bulan serta raksasa gas di sekitarnya, Jupiter dan Saturnus, dengan sangat rinci.

“Saya terpesona dengan betapa detailnya semuanya, seperti cincin Saturnus dan pita gas Jupiter. Seiring waktu, saya meningkatkan dari teleskop sederhana menjadi Dobsonian 8-inci, di mana saya menyelidiki untuk menemukan objek-objek langit dalam, dimulai dengan Galaksi Andromeda dan Nebula Orion, ”kata Al-Majed kepada Arab News. “Sebagai fotografer, saya ingin mengetahui lebih banyak dan terus menemukan, dan sekali lagi, meningkatkan ke refraktor dengan dudukan ekuator untuk kamera saya, yang memberikan hasil sederhana.”

Tetapi fotografer masih membutuhkan lebih banyak, karena dia ingin menangkap gambar raksasa yang sedang tidur dengan detail yang cerah, dan dia segera membeli kamera dengan fitur yang sesuai dengan astrofotografi. Hasilnya mengejutkan dan luar biasa.

Dengan pengalaman tujuh tahun, dia masih tertarik untuk menemukan objek luar angkasa yang lebih dalam untuk difoto. “Itu tantangan yang mengasyikkan. Nebula Gelembung sangat sulit untuk difoto karena jaraknya dan Nebula Kerudung merupakan objek yang aneh dan indah. Masih banyak objek luar angkasa untuk ditemukan dan saya bisa keluar dari Riyadh dan mencari. "

“Adegan itu memukau. Kami mulai melihat kilau sabuk pada pukul 2 pagi dan saya memiliki kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut, ”kata Alerwy kepada Arab News. “Kami menghabiskan lebih dari satu jam untuk memotret kebangkitannya dan jika saya mendapat kesempatan untuk menghidupkan kembali pengalaman itu, saya akan melakukannya tanpa ragu-ragu.”

Dengan tripod di belakangnya, dia dapat memastikan bahwa kameranya cukup stabil untuk menahan hembusan angin dan menstabilkannya untuk bidikan yang jelas.

Beberapa rasi bintang yang dapat dilihat dengan mata telanjang selama musim gugur di atas gurun Saudi termasuk Cassiopeia, Ursa Major, dan Minor, Crux, dan Draco. Planet-planet seperti Venus, Saturnus, Jupiter juga bersinar terang, tetapi oposisi Marslah yang mencuri perhatian sepanjang tahun ini.

Untuk pengamat bintang biasa di banyak bagian Kerajaan, bintang-bintang semakin jauh, kata fotografer Mohammed Jan kepada Arab News. “Banyak orang Saudi yang tidak dapat melihat Bima Sakti tempat mereka tinggal, atau banyak bintang dalam hal ini, karena polusi cahaya. Mereka harus berkendara ratusan mil di luar batas kota untuk menjauh darinya.

Seiring waktu, Jan terbiasa memotret benda-benda langit, tetapi segera berkelana ke wilayah baru - nebula dan benda langit dalam.

“Nebula Helix selalu menarik minat saya. Nebula planet adalah dan selalu menjadi objek favorit saya untuk difoto di langit yang gelap, ”kata Jan, mengulangi peringatan Al-Majed bahwa melalui waktu, latihan, dan upaya, dia mampu mencapai tingkat keahliannya. Jan berharap untuk melakukan yang lebih baik tetapi telah meminta dukungan komunitas yang lebih besar untuk astrofotografi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement