Selasa 27 Oct 2020 11:57 WIB

Ma'ruf: Merger Tiga Bank Syariah tak Tutup Akses Modal UMKM

Ma'ruf menyebut pemerintah sedang menyiapkan ekosistem keuangan syariah lengkap.

Maruf: Merger Tiga Bank Syariah tak Tutup Akses Modal UMKM. Wakil Presiden Ma
Foto: dok. KIP/Setwapres
Maruf: Merger Tiga Bank Syariah tak Tutup Akses Modal UMKM. Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan merger tiga bank syariah milik pemerintah tidak akan menutup akses pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan permodalan. Dia menyebut pemerintah sedang menyiapkan ekosistem keuangan syariah lengkap.

“Mulai A sampai Z yang dapat menjangkau mulai dari paling kecil atau ultra mikro, kecil, sedang sampai besar,” kata Ma’ruf dalam webinar potensi ekonomi syariah pascapandemi, Selasa (27/10).

Baca Juga

Menurutnya, pemerintah saat ini memulai proses penggabungan tiga bank syariah yang merupakan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah. Dalam prosesnya, sudah ditandatangani conditional merger agreement (CMA) yang diharapkan bank syariah baru itu bisa beroperasi pada Februari 2021.

“Dengan bergabungnya tiga bank syariah itu, maka bank syariah yang baru diharapkan akan mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global,” ujarnya.

 

Sementara itu, terkait lembaga keuangan ultra mikro, pemerintah akan memperbanyak dan memperluas pendirian Bank Wakaf Mikro. Untuk lembaga keuangan mikro Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan koperasi syariah, pemerintah juga akan memberikan dukungan lebih besar untuk pengembangan ke depan.

Bank Wakaf Mikro akan didukung melalui Kementerian Sosial yang akan melayani usaha sangat kecil yang butuh modal di bawah Rp 3 juta. Kalangan usaha kecil di atas nilai Rp 3 juta akan dilayani BMT, lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) dan koperasi syariah.

Pemerintah juga akan memperbesar intervensi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang ada di Kementerian Koperasi dan melalui KUR syariah di bank syariah baik untuk usaha mikro kecil atau usaha menengah. “Dengan berbagai berbagai kebijakan itu tidak ada alasan adanya kekhawatiran beberapa pihak rencana merger beberapa bank syariah milik pemerintah akan menutup akses UMKM dalam mendapatkan permodalan, justru pemerintah sedang menyiapkan ekosistem keuangan syariah lengkap,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement