16 Rabiul Akhir 1442

Qori Wanita dari Berbagai Negara

Selasa , 27 Oct 2020, 12:44 WIB Reporter :Zainur mahsir Ramadhan/ Redaktur : Esthi Maharani
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Pembacaan ayat-ayat Alquran kerap kali menyejukan hati, karena dirasa mampu berbicara langsung kepada jiwa kita. Jika kembali mengingat, Qari yang pernah didengar oleh mayoritas Muslim, mungkin berasal dari kalangan pria. Tak aneh, karena hingga kini masih sedikit pelafal Alquran wanita. Mengutip About Islam, berikut adalah beberapa Qori perempuan dari berbagai negara.

Pertama, Madinah Javed. Berbasis di Skotlandia, Madinah Javed adalah salah satu dari sedikit pelafal Alquran yang tampil di depan umum. Diketahui bahwa dirinya juga pernah meluncurkan kampanye #FemaleReciters pada 2017 lalu untuk meningkatkan suara para pelafal Alquran wanita, baik saat ini maupun di tahun-tahun yang lalu.

Dalam membagikan kemampuan bacaan (qira'at) merdunya, ia memanfaatkan sosial media untuk membacakan dan membagikan pengalamannya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa mampir ke akun IGnya @madinahjaved, atau ke akun Twitter @madinahjaved dan YouTube: madinah javed

Kedua, Nusaiba Mohammad Timol. Berbasis di Inggris, Nusaiba dibesarkan di Arab Saudi dan Inggris, dirinya membaca Alquran secara terbuka sejak kecil. Dirinya adalah wanita pertama yang berhasil masuk final kompetisi Alquran nasional.

Latar belakang Timol juga hadir dari ibu dan neneknya yang mengajar pembacaan Alquran, dan sekarang memiliki sekolah sendiri, Seni Kreatif WAW, sekolah Seni Kreatif Islam pertama di Inggris, dengan silabus yang diambil dari seerah. Untuk mengenalnya lebih lanjut, Anda dapat mengikutinya di Instagram @iamnusaiba

Selanjutnya adalah Maryam Amir. Berbasis di AS, Ustadzah Maryam Amir adalah seorang siswa dan guru yang selalu bersemangat membicarakan tentang sejarah dan peran Wanita dalam Islam, ataupun, komunitas Muslim, dan perlunya wanita untuk mengembangkan hubungan pribadi dengan Alquran. Selain itu, ia juga diketahui kerap membaca lantunan ayat suci Alquran. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda dapat mengikutinya di instagram @thermaryamamir dan di YouTube: Maryam Amir

Qari wanita selanjutnya yang bisa menjadi rujukan adalah Jennifer Grout. Penyanyi asal Amerika ini diketahui kerap membagikan lagu dan nasyid Arab kepada audiensnya di Facebook, Youtube, Instagram dan Twitter. Popularitasnya meningkat menjadi pembicara non Arab yang bernyanyi dalam bahasa Arab dan tampil di acara Arabs Got Talent.

Referensi terakhir untuk Qari wanita mungkin jatuh kepada Qari’a Schaymae Yousfi. Gaya pengajian Yousfi, diketahui memiliki sentuhan berbeda dari warisan Maroko-nya. Untuk mendengarnya lebih lanjut, Anda dapat mendengarkan pembacaan Qari’a Schaymae di Instagram @schaymae_you miliknya.

 

widget->kurs();?>