16 Rabiul Akhir 1442

Kodim Surakarta Ikut Bangkitkan Pariwisata dan UMKM

Selasa , 27 Oct 2020, 21:55 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Kodim Surakarta Ikut Bangkitkan Pariwisata dan UMKM (ilustrasi).
Kodim Surakarta Ikut Bangkitkan Pariwisata dan UMKM (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,SOLO -- Kodim 0735/Surakarta berupaya ikut berkontribusi dalam membangkitkan sektor pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan kegiatan kolaborasi pertunjukan virtual seni budaya dan ekonomi kreatif pada 31 Oktober 2020.

"Pada saat pandemi seperti ini, sektor yang paling terdampak adalah pariwisata dan UMKM. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan event ini dengan menggabungkan pertunjukan seni budaya dan ekonomi kreatif dengan konsep baru," kata Komandan Kodim 0735/Surakarta Letnan Kolonel Inf Wiyata Sempana Aji di Solo, Selasa (27/10).

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut masyarakat akan diajak melakukan wisata secara virtual dan mengeksplorasi berbagai potensi wisata yang ada di Kota Solo.

Pihaknya berharap kegiatan "Creavest 2020" ini bisa menjadi semangat baru untuk bangkit bagi pelaku di sektor pariwisata dan UMKM.

"Kami melihat masih ada peluang, termasuk produk unggulan lokal bisa lebih diberdayakan. Apalagi sekarang semuanya bergerak menggunakan digital, justru ini jangkauannya lebih luas. Kami memilih cara ini untuk menunjukkan seni budaya dan ekonomi kreatif di Kota Solo," katanya.

Ia juga berharap ke depan kegiatan tersebut bisa menjadi percontohan bagi Kodim di satuan wilayah lain sehingga sektor pariwisata dan UMKM di seluruh Indonesia dapat menunjukkan potensinya.

"Upaya ini juga membuktikan bahwa di tengah pandemi COVID-19 pelaku usaha dapat tetap inovatif dan kreatif," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa meningkatkan "branding" atau citra bagi Kota Solo.

"Ini juga memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM serta industri pariwisata. Apalagi kan selama ini pendapatan asli daerah (PAD) Kota Solo dari pariwisata sangat besar, tentu ini jadi media promosi juga," katanya.

Terkait penyelenggaraan Creavest 2020 Creative Director Afrizal Naim mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh delapan sanggar tari nusantara serta 18 UMKM di sektor kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.

"Kegiatan ini juga didukung oleh enam komunitas sosial dan beberapa destinasi pariwisata. Beberapa destinasi yang akan kami eksplorasi di antaranya Monumen Pers, Museum Samanhudi, Ndalem Harjonegaran, Ndalem Gondosuli, dan Kampung Joho," katanya.

 

widget->kurs();?>