Selasa 27 Oct 2020 23:22 WIB

Wagub DKI Minta Masyarakat Siskamling Cegah Begal Sepeda

Wagub DKI minta masyarakat Siskamling terkait maraknya begal sepeda.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Foto: Shabrina Zakaria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat menggiatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) mengantisipasi terkait maraknya begal sepeda di ibu kota. Riza juga akan bekerjasama dengan Polda Metro Jaya untuk mencegah kasus tersebut.

"Jadi, tentu dari masyarakat tentu kita harus hati-hati, terus menggalakkan kerja sama yang baik, supaya peduli pada keamanan, mungkin kita akan galakkan kembali, giatkan kembali siskamling atau apa pun bentuknya," ucap Riza di Jakarta, Selasa (27/10) malam.

Baca Juga

Jika ada partisipasi masyarakat, bersama dengan pemerintah untuk bersama-sama, kata Riza, hal itu bisa memastikan Jakarta ini aman. "Karenanya itu butuh dukungan dari masyarakat, tentu yang tidak kalah penting adalah kehadiran aparat untuk dapat memastikan Jakarta ini aman, aparat memastikan ditegakkannya aturan disiplin penertiban dan diberi sanksi siapapun yang bersalah," ujar Riza.

Lebih lanjut, Ahmad Riza Patria mengatakan,  pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. "Ya memang kami sudah mendengar beberapa kejadian di wilayah DKI Jakarta, kami sudah koordinasi dengan aparat keamanan aparat hukum dengan Pak Kapolda dan lain sebagainya untuk sama sama kita segera atasi," ujar Riza.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menyarankan pemerintah daerah bisa membuat kebijakan yang lebih preventif untuk mengantisipasi hal ini terjadi lagi di masa mendatang. Aziz menyebut hal itu bisa dengan memperbanyak Close Circuit Television (CCTV), patroli keamanan dari Dinas Perhubungan bekerjasama dengan kepolisian serta Satpol PP.

"Karena ini cukup mencemaskan warga juga. Kalau ada CCTV di daerah-daerah rawan kan bisa paling tidak mengurangi atau juga mencegah orang-orang yang ingin berperilaku kriminal," ujar Aziz.

Sementara untuk warga, Aziz menerangkan harus lebih tanggap dan berhati-hati di daerah-daerah rawan, jangan sampai bersepeda seorang diri.

"Mungkin bisa bersama keluarga dua sampai tiga orang, sehingga kalau ada banyak orang kan jadi mikir-mikir (pelaku). Tapi juga jangan terlalu banyak, apalagi yang enggak serumah, itu kan risiko Covid-19 makin tinggi," tuturnya menambahkan.

Diketahui, sejumlah orang menjadi korban begal saat bersepeda di Jalan Jakarta. Salah satu korban begal ialah artis Anjasmara saat bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Selain itu, ada Kolonel Marinir Pangestu Widiatmoko hampir menjadi korban pembegalan saat bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kala itu korban tengah menuju kantornya di daerah Kwitang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement