Rabu 28 Oct 2020 06:57 WIB

Arab Saudi Umumkan Aturan Karantina untuk Jamaah Umroh Asing

Weqaya akan menentukan negara mana yang dapat mengirim jamaah haji.

Arab Saudi Umumkan Aturan Karantina untuk Jamaah Umroh Asing (ilustrasi).
Foto: RaesahAlharmin / HO via REUTERS
Arab Saudi Umumkan Aturan Karantina untuk Jamaah Umroh Asing (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Orang-orang yang tiba di Arab Saudi untuk melakukan umroh tidak boleh mengenakan Ihram pada saat kedatangan mereka, karena mereka harus menjalani karantina selama tiga hari di hotel mereka, kata Dr. Amr Al-Maddah, kepala perencanaan dan strategi di Kementerian Haji dan Umrah.

Dilansir dari Arab News, Rabu (27/10), Al-Maddah mengatakan di akhir masa tinggal hotel mereka, perusahaan umroh masing-masing akan mengantarkan mereka ke “Miqat” terdekat untuk melakukan Ihram dan melanjutkan ritual mereka.

Pada fase ketiga dimulainya kembali Umroh, yang dimulai pada 1 November, jamaah dari seluruh dunia akan diizinkan memasuki Kerajaan. Sekitar 20.000 peziarah - penduduk dan pengunjung - dapat melakukan ritual setiap hari di tengah langkah-langkah jarak sosial yang ketat.

Al-Maddah mengatakan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Saudi (Weqaya) sedang memantau situasi pandemi penyakit coronavirus (Covid-19) di setiap negara untuk membantu menginformasikan pihak berwenang terkait sebelum kedatangan Umrah. Pejabat tersebut menyampaikan rincian ini pada lokakarya virtual pada hari Senin.

 

Dia mengatakan aplikasi Eatmarna telah diunduh sekitar 3 juta kali dan lebih dari 1,4 juta orang telah mengajukan izin, dengan lebih dari 1 juta dikeluarkan untuk umroh dan sholat di Masjidil Haram.

Al-Maddah mengatakan jika terjadi peningkatan infeksi, pihak berwenang dapat membatasi jumlah jamaah di titik mana pun. Dia mengatakan asuransi kesehatan penuh adalah wajib untuk memastikan perawatan kesehatan yang memadai bagi jamaah jika terjadi infeksi Covid-19 atau masalah kesehatan lainnya.

Al-Maddah mengatakan Weqaya akan menentukan negara mana yang dapat mengirim jamaah haji tergantung dari jumlah infeksi. Dia meyakinkan bahwa perusahaan umroh akan diberikan pembaruan rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement