20 Rabiul Akhir 1442

Sejarah Nabi: Mukjizat dan Keajaiban Nabi Muhammad SAW

Rabu , 28 Oct 2020, 14:29 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Elba Damhuri
Kaligrafi Nabi Muhammad SAW
Foto : MGROL100
Kaligrafi Nabi Muhammad SAW

IHRAM.CO.ID -- Nabi Muhammad SAW memiliki mukjizat atau kemampuan yang luar biasa yang diberikan Allah untuk membuktikan kenabiannya. Seorang ahli hadist dari Suriah, Imam Nawawi, memaparkan sejumlah mukjizat yang dimiliki oleh utusan Allah yang paling mulia tersebut. Untuk diketahui, Imam Nawawi telah menelurkan berbagai karya dari mulai buku-buku tentang hadist, teologi, biografi, dan filosofi hukum. Salah satu karyanya, ialah buku 'Al-Nawawi's Forty Hadith' dan The Meadows of the Righteous.

Berikut sejumlah mukjizat yang dimiliki Rasulullah yang diceritakan oleh Imam Nawawi, seperti dilansir dari Muslim Village:

1. Alquran al Karim. Alquran adalah mukjizat yang paling nyata dan jelas. Tidak ada seorang pun yang bisa memalsukan Alquran. Karena Alquran adalah wahyu dari Allah yang Maha Agung. Bahkan, kebenaran Alquran ini tidak dapat ditandingi oleh siapapun. Seperti yang terkandung dalam surat Al-Israa' ayat 88:

"Katakanlah: Jika seluruh umat manusia dan jin berkumpul untuk menghasilkan seperti Alquran ini, mereka tidak menghasilkan sejenisnya, bahkan jika mereka saling membantu."

Baca Juga

2. Air memancar dari sela-sela jemari

3. Bisa membelah bulan menjadi dua

4. Pohon-pohon berjalan ke arahnya

5. Dua pohon yang terpisah jauh berkumpul dan kemudian berpisah lagi

6. Domba-domba yang mandul dan kering dapat memberi susu

7. Membuat mata Ali yang meradang menjadi sembuh seketika

8. Menyeka kaki Abdullah bin Atiq yang membuatnya kemudian sembuh

9. Makanan sedikit cukup untuk banyak orang. Saat tiba di rumah Abu Thalhah, Rasulullah mendoakan makanan yang dihidangkan. Diriwayatkan dari Al-Bukhari dan Muslim, saat itu semua sahabat dan Rasulullah yang berjumlah 70 atau 80 orang makan hingga kenyang. Begitu pula dengan keluarga Thalhah.

10. Rasulullah dirindukan oleh pohon palem

11. Batu menyapa Rasulullah

12. Air sedikit menjadi banyak. Diriwayatkan dari Imam Bukhari, dalam sebuah perjalanan, Rasulullah dan para sahabatnya kehabisan bekal air. Lalu, ada seorang wanita yang membawa sedikit air. Rasulullah lantas mengusap kantung air milik wanita tersebut. Para sahabat yang kehausan minum dan saat itu berjumlah 40 orang. Setelah puas minum, mereka mengisi kantung air masing-masing hingga penuh juga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah, Kejayaan, dan Peradaban Islam di Islam Digest REPUBLIKA.CO.ID di Link Ini

BACA JUGA: Ulama Prancis: Abaikan Saja Penerbitan Kartun Nabi Muhammad