6 Jumadil Akhir 1442

Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja

Rabu , 28 Oct 2020, 18:30 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja. Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.
Foto : Saudi Gazette
Sektor Pariwisata Saudi Diprediksi Serap 1 Juta Tenaga Kerja. Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.

Hal itu dilakukan semata-mata untuk mencapai pertumbuhan sumber daya manusia lokal di sektor pariwisata. Peluncuran strategi tersebut, sejalan dengan aspirasi pimpinan untuk mencari jalur dan kesempatan kerja baru di sektor pariwisata karena sektor ini sangat vital dan memiliki peluang yang luas bagi para wirausaha dan para wiraswasta. 

“Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman selalu menekankan pentingnya upaya menarik bakat lokal dan memberi mereka kesempatan kerja. Mengembangkan keterampilan pria dan wanita muda Saudi dalam industri pariwisata akan diwujudkan sesuai dengan standar internasional tertinggi, dan dengan memanfaatkan kemitraan global melalui Organisasi Pariwisata Dunia (WTO) dan mitra internasional lainnya di universitas dan akademi pariwisata,” katanya.

Menurut Al-Khateeb, strategi tersebut diupayakan untuk mendukung usaha menengah dan kecil dalam mengembangkan usahanya dan berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja guna mendorong perekonomian nasional. "Pengembangan keterampilan untuk pria dan wanita muda Saudi di bidang industri pariwisata akan sejalan dengan standar internasional tertinggi," ujarnya. 

Al-Khateeb mencontohkan strategi mengupayakan melalui program-programnya untuk meningkatkan kesadaran tentang konsep dasar pekerjaan pariwisata. Yakni dengan fokus melayani tamu dan mengembangkan keterampilan pribadi bagi pekerja di sektor pariwisata sehingga dapat memberikan pengalaman unik di berbagai profesi pariwisata yang tersedia. 

“Ini memperkuat kebutuhan pasar tenaga kerja untuk spesialisasi ini dalam proyek pariwisata raksasa yang saat ini sedang dibangun pemerintah di Laut Merah, Qiddiya, Gerbang Diriyah, Neom, dan lainnya, serta proyek pariwisata di sektor swasta yang didukung oleh strategi tersebut. mengembangkan sumber daya manusia dengan kompetensi yang sangat terlatih,” katanya. 

Al-Khateeb menekankan kementerian memiliki strategi lokalisasi yang jelas di sektor pariwisata mengingat fakta kenaikan tarif lokalisasi di sektor tersebut membuat wisatawan dapat berinteraksi dengan warga dan merasakan nuansa nyata keramahan Arab Saudi.

 

https://saudigazette.com.sa/article/599659/SAUDI-ARABIA/Tourism-and-hospitality-sector-to-create-million-jobs-by-2030