Rabu 28 Oct 2020 23:20 WIB

400.000 Pekerjaan Pariwisata di Tunisia Lumpuh Akibat Corona

Tunisia sangat bergantung pada sektor pariwisata untuk mata uang asing dan pekerjaan.

400.000 Pekerjaan Pariwisata di Tunisia Lumpuh Akibat Corona (ilustrasi).
Foto: Anadolu/Yassine Gaidi
400.000 Pekerjaan Pariwisata di Tunisia Lumpuh Akibat Corona (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,TUNIS -- Bank Sentral Tunisia melaporkan pendapatan pariwisata telah menurun 61 persen di Tunisia sebagai akibat dari virus corona.

Dilansir dari Middle East Monitor, Senin (26/10), negara Afrika utara, yang sangat bergantung pada sektor pariwisata untuk mata uang asing dan pekerjaan, sekarang menghadapi ancaman melihat ribuan bisnis menyatakan bangkrut sebagai akibat dari jumlah pengunjung yang rendah. Lebih dari 4.000 keluarga mencari nafkah dari sektor pariwisata di Tunisia.

Ini terjadi setelah Sekretaris Jenderal Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), Zurab Pololikashvili, mengumumkan pada 14 September bahwa kerugian pariwisata global akibat virus corona mencapai $ 460 miliar pada paruh pertama tahun ini; penurunan 65 persen dalam jumlah wisatawan di seluruh dunia.

Federasi Agen Perjalanan Tunisia (FTAV) mengadakan protes pada hari Selasa di luar kantor pusat Kementerian Pariwisata dan Kerajinan di ibu kota, Tunis, untuk meminta pihak berwenang mendukung bisnis yang di ambang penutupan.

Presiden FTAV, Jaber Ben Atouch, menegaskan, dalam sebuah wawancara dengan Tunis Afrique Presse (TAP), bahwa bahaya kebangkrutan mengancam sekitar 98 persen biro perjalanan di Tunisia jika langkah-langkah dukungan keuangan disetujui oleh pemerintah sejak dimulainya krisis kesehatan tidak dilaksanakan.

Ben Atouch memperingatkan runtuhnya industri pariwisata di negara itu, yang mencakup lebih dari 1.300 agen perjalanan dan menyediakan 20.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung, menambahkan bahwa 28 persen tenaga kerja di sektor tersebut dipecat setelah pemberlakuan karantina umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement