Kamis 29 Oct 2020 06:12 WIB

Tata Cara Sholat di Pesawat Bagi Jamaah Haji dan Umroh (2)

Jamaah haji dan umroh perlu mengetahui tata cara sholat di pesawat.

Tata Cara Sholat di Pesawat Bagi Jamaah Haji dan Umroh (2). Foto: Pesawat Haji (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Tata Cara Sholat di Pesawat Bagi Jamaah Haji dan Umroh (2). Foto: Pesawat Haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Untuk diketahui, jamaah haji yang berasal dari Indonesia, akan menempuh perjalanan melalui pesawat sekitar delapan jam (dari Indonesia bagian Barat) hingga 10 jam (dari Indonesia bagian timur) untuk sampai ke Arab Saudi (Jeddah atau Madinah).

Karena itu, jamaah haji akan melalui waktu-waktu sholat.Sholat di perjalanan dapat dilaksanakan dengan  cara jama’  dan qashar.  Sholat  ini  merupakan rukhsah  (kemudahan)  dari  Allah  SWT  sejak  jemaah haji meninggalkan   rumah sampai kembali lagi ke tanah air

a. Pengertian sholat jama qashar

Sholat jama' adalah mengmpulkan  dua  sholat wajib  untukdikerjakan  dalam  satu  waktu  yang  sama. Sholat yang dapat di-jama’ adalah Dzuhur   dengan Ashar, Maghrib dengan Isya.

 

Sholat qashar adalah meringkas sholat dari empat rakaat menjadi dua rakaat (Dzuhur, Ashar, dan Isya).

Sholat jama’-qashar adalah praktek menggabungkan  dua  sholat  wajib dan secara bersamaan  memendekkan rakaat  kedua sholat dari empat  menjadi dua rakaat. Sholat jama’-qashar  dilakukan antara  Dzuhur  dengan  Ashar  atau sebaliknya, dan antara   Maghrib dengan Isya atau sebaliknya.   Sholat jama’-qashar dapat dilakukan dengan cara taqdim atau ta’khir.

Sholat jama’ terbagi menjadi dua cara:

1. Jama’ taqdim;  ini adalah cara menggabungkan dua sholat yang dilaksanakan pada   waktu sholat  yang  pertama,  misalnya  sholat Dzuhur dijama’  dengan  sholat  Ashar  dikerjakan  pada waktu   sholat   Dzuhur; atau sholat Maghrib digabungkan  dengan  sholat  Isya  dikerjakan pada waktu sholat Maghrib;

2. Jama’  ta’khir; ini  adalah  menggabungkan dua sholat yang  dilaksanakan  pada  waktu  sholat yang   belakangan,   misalnya sholat Dzuhur digabung   dengan   sholat   Ashar   dikerjakan pada  waktu  sholat  Ashar dan sholat  Maghrib digabung dengan sholat Isya’ dikerjakan pada waktu sholat Isya.

Sumber: Tuntunan Manasik Haji dan Umrah 2020 Kemenag / Kemenag.go.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement