Kamis 29 Oct 2020 20:36 WIB

Umat Kristen Israel Kecam Pernyataan Macron yang Hina Islam

Kecaman terhadap ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron terus bermunculan

Rep: Christianingsih/ Red: Elba Damhuri
Presiden Prancis Emmanuel Macron
Foto: AP/TF1
Presiden Prancis Emmanuel Macron

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM --- Kritik dan kecaman terhadap ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron terus bermunculan. Kali ini datang dari umat Kristiani di Yerusalem, Israel. 

Patriark Ortodoks Yunani Yerusalem, Theophilos III, Ketua Dewan Pimpinan Gereja Tanah Suci, mengutuk penghinaan Prancis terhadap Islam dan Nabi Muhammad.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan, Patriark itu mengatakan dirinya sangat prihatin dengan keadaan dan perkembangan polarisasi akibat politik internal di Prancis.

Dia menekankan kecamannya terhadap Prancis atas penghinaan terhadap agama Islam sama seperti kecamannya yang lain jika penghinaan seperti itu menimpa salah satu agama monoteistik lainnya.

 

Theophilos III juga mengutuk semua tindakan kekerasan yang menargetkan mereka yang berbeda pendapat atau keyakinan agama.

Ia menyerukan dialog yang beradab menjadi satu-satunya metode interaksi untuk mengurangi kesenjangan intelektual dan ideologis antara agama dan ideologi yang berbeda.

Pada 2 Oktober, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan rencana kontroversial untuk mengatasi apa yang dia sebut "separatisme Islam" di Prancis, mengeklaim bahwa agama Islam berada dalam "krisis" di seluruh dunia dan berjanji untuk "membebaskan Islam di Prancis dari pengaruh asing”.

Minggu lalu, Macron membela kartun yang menghujat Nabi Muhammad, dan mengatakan Prancis tak akan menyerah soal kartun penghinaan tersebut ---setelah pembunuhan brutal seorang guru SMP Samuel Paty, yang menunjukkan karikatur provokatif di sebuah kelas.

Setidaknya 73 masjid, sekolah swasta, dan perkantoran di Prancis ditutup sepanjang tahun ini, menurut Kementerian Dalam Negeri Prancis. Prancis adalah negara yang memiliki minoritas Muslim terbesar di Eropa Barat dengan sekitar 5 juta jiwa.

BACA JUGA: Gara-Gara Ucapan Macron, Masjid di Prancis Diancam

BACA JUGA: Noor Inayat Khan, Muslim India yang Jadi Mata-mata di Inggris

Sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/patriark-yerusalem-kecam-pernyataan-prancis-yang-anti-islam-/2022357

sumber : Anadolu/Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement