16 Rajab 1442

Ziarah ke Gunung Athlab di Madain Saleh

Sabtu , 31 Oct 2020, 12:03 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Muhammad Hafil
Ziarah ke Gunung Athlab di Madain Saleh. Foto: Madain Saleh
Ziarah ke Gunung Athlab di Madain Saleh. Foto: Madain Saleh

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Gunung Athlab yang berada di timur laut Mada'in Saleh, adalah pusat kuno orang-orang Tsamud yang diperkirakan telah menetap di sana sekitar 715 SM. Gunung ini menjadi daya tarik tersendiri di wilayah Al-Ula yang terkenal di Arab Saudi.

Selain menjadi salah satu destinasi, gunung tersebut juga merupakan situs di Mahareeb di mana terdapat ukiran unta dan karavan yang rumit serta contoh-contoh aksara Thamud. Bahasa Semit awal yang terkait dengan bahasa Arab pun dapat ditemukan.

Mada'in Saleh adalah situs arkeologi pra-Islam yang terletak di daerah AlUla di barat laut Kerajaan, sekitar 400 km sebelah utara Madinah. Foto ini diambil oleh Ezabilla sebagai bagian dari kompetisi Colours of Saudi.

Sebagian besar kaum Tsamud merupakan pengukir dan pemahat bukit yang baik. Ukiran dan pahatan mereka hingga saat ini dapat ditemui di Gunung Athlab dan hampir seluruh Arab bagian tengah. Kisah tentang Kaum Tsamud tak diceritakan dalam Taurat. Ahli Kitab pun tidak mengetahui kabar dan keberadaan mereka. Namun, Alquran menjelaskan, Musa menjelaskan dua kaum ini kepada umatnya.

Baca Juga

Dalam Surah Ibrahim ayat 8-9, Musa berkata, "Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah SWT), maka sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji. Belum sampaikah kepadamu berita orang-orang sebelum kamu (yaitu) kaum Nuh, 'Ad, Tsamud dan orang-orang sesudah mereka, tidak ada yang mengetahui mereka selain Allah".

Dalam Surah Ghafir ayat 30 - 31, seorang mukmin dari keluarga Firaun berkata, "(Hai kaumku), sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa (bencana) seperti peristiwa kehancuran golongan yang bersekutu. (Yakni) seperti keadaan kaum Nuh, 'Ad, Tsamud dan orang-orang yang datang sesudah mereka. Dan Allah tidak menghendaki berbuat kezaliman terhadap hamba-hamba-Nya."

 

widget->kurs();?>