3 Syawwal 1442

Allah Selalu Menjaga Kota Makkah dari Gangguan

Ahad , 01 Nov 2020, 06:42 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Allah Selalu Menjaga Kota Makkah dari Gangguan. Foto: Kabah yang sepi dari jamaah di Masjid al Haram, Kota Suci Makkah, Arab Saudi, Sabtu, 7 Maret 2020. Masjid al Haram sepi karena virus corona.
Allah Selalu Menjaga Kota Makkah dari Gangguan. Foto: Kabah yang sepi dari jamaah di Masjid al Haram, Kota Suci Makkah, Arab Saudi, Sabtu, 7 Maret 2020. Masjid al Haram sepi karena virus corona.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Gangguan dan halangan terhadap penduduk dan pengunjung Kota Makkah pernah terjadi. Namun, Wakil Ketua Umum Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia  (Kesthuri) Artha Hanif menyampaikan, Allah selalu menjaganya, sebagaimana firman-Nya dalam surah Al-Qoshosh ayat 57:

وَقَالُوا إِنْ نَتَّبِعِ الْهُدَىٰ مَعَكَ نُتَخَطَّفْ مِنْ أَرْضِنَا ۚ أَوَلَمْ نُمَكِّنْ لَهُمْ حَرَمًا آمِنًا يُجْبَىٰ إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْءٍ رِزْقًا مِنْ لَدُنَّا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا

"Dan mereka berkata: "Jika kami mengikuti petunjuk bersama kamu, niscaya kami akan diusir dari negeri kami (Makkah)". Dan apakah Kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan dari segala macam (tumbuh-tumbuhan) untuk menjadi rezeki (bagimu) dari sisi Kami?. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui."

Seharusnya kata Artha, penjagaan terhadap kota Makkah oleh Allah SWT itu semestinya orang beriman ketahui dan yakini, karena banyak firman Allah yang menjelaskannya. Dalam hadist Nabi Muhammad SAW disampaikan pula bahwa Allah SWT menjamin bahwa ini akan dijaga oleh malaikat dari fitnah Dajjal. Nabi saw bersabda.

Baca Juga

“Tiada suatu negeri pun melainkan akan diinjak oleh Dajjal, kecuali hanya Makkah dan Madinah yang tidak. Tiada suatu lorong pun dari lorong-lorong Makkah dan Madinah itu, melainkan di situ ada para malaikat yang berbaris rapat untuk melindunginya. Kemudian Dajjal itu turun lah di suatu tanah yang berpasir ( di luar Madinah ) lalu kota Madinah bergoncanglah sebanyak tiga goncangan dan dari goncangan-goncangan itu Allah akan mengeluarkan setiap orang kafir dan munafik (dari Makkah – Madinah).” (Riwayat Muslim).

 

widget->kurs();?>