Senin 02 Nov 2020 12:52 WIB

China Bangun Kereta Cepat Thailand

China bangun rute kereta yang lebih panjang daripada proyek kereta Jakarta-Bandung

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Bendera China.
Foto: Pixabay
Bendera China.

REPUBLIKA.CO.ID, FUZHOU - China segera membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi di Thailand. Proyek ini dibangun dengan rute yang lebih panjang daripada proyek yang sama di jalur Jakarta-Bandung.

Penandatanganan kerja sama antarkeduanya telah dilakukan di Thailand pada pekan lalu. Media China pada Senin mengutip pernyataan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menyatakan proyek tersebut membantu peningkatan infrastruktur di negaranya sebagai langkah strategis menaikkan daya saing global.

Baca Juga

Dia merasa yakin proyek tersebut juga akan membantu Thailand dalam upaya mewujudkan pusat transportasi logistik di kawasan Asia Tenggara sehingga akan banyak memberikan kesempatan meningkatnya investasi asing, pariwisata, dan perdagangan.

Naskah kontrak melibatkan tiga pihak yakni State Railway of Thailand, China Railway International Co., dan China Railway Design Corporation. Proyek itu mencakup pembangunan sistem perkeretaapian, kelistrikan, persinyalan dan komunikasi, pembelian rangkaian kereta api cepat, pelatihan personel, pengoperasian, pemeliharaan, dan transfer teknologi.

Ketiga pihak akan membangun jaringan kereta api cepat di jalur utama wilayah timur laut Thailand yang menghubungkan Bangkok dengan Nakhon Ratchasima sepanjang 253 kilometer. Jaringan kereta api cepat Bangkok-Nakhon Ratchasima tersebut lebih panjang daripada proyek yang dibangun China di jalur Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement