Senin 02 Nov 2020 20:44 WIB

KJRI: Indonesia Kirim 224 Jamaah pada Gelombang Pertama

Setelah sampai di Saudi, jamaah langsung di karantina di hotel masing-masing.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jamaah umroh perdana di masa pandemi Covid-19 dari Indonesia dan Arab Saudi tiba di Bandara Jeddah, Ahad (1/11).
Foto: SPA
Jamaah umroh perdana di masa pandemi Covid-19 dari Indonesia dan Arab Saudi tiba di Bandara Jeddah, Ahad (1/11).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengatakan, sebanyak 224 jamaah umroh asal Indonesia tiba di Jeddah pada Ahad (1/11) sore. Mereka merupakan jamaah-jamaah yang telah lolos dan memenuhi syarat untuk melaksanakan umroh di masa pandemi. 

"Jumlahnya menurut data penerbangan ada 224 jamaah (Indonesia) yang sudah tiba kemarin sore waktu Saudi," kata Endang dalam pesan teks, Senin (2/11).

Endang menuturkan, setelah sampai di Saudi, jamaah langsung di karantina di hotel masing-masing. Masing-masing kamar hotel hanya boleh diisi dua orang jamaah.

"Selama masa karantina seluruh aktifitas  ibadah dilakukan dalam hotel, (termasuk) makan pagi, siang, dan juga malam," kata Endang.

Masa karantina adalah tiga hari, terhitung sejak hari kedatangan jemaah di Arab Saudi, yakni pada Ahad (1/11) hingga Selasa (3/11). Selama itu masa karantina, aktivitas jemaah hanya boleh dilakukan di dalam hotel. 

Kemudian mulai Rabu (4/11) jemaah akan mengikuti ziarah ke Rawdah dan Makam Rasulullah SAW, Abu Bakar Shiddiq, Umar Bin Khatab serta makam Para Sahabat. Selanjutnya jemaah hanya akan memperbanyak ibadah di Mesjid Nabawi.

Pada Kamis (5/11), jemaah masih di Madinah untuk mengunjungi Jabal uhud, makam Baqi, melewati Masjid Kiblatain, Masjid Quba, dan kebun kurma. Setelah itu jemaah kembali ke hotel memperbanyak Ibadah di Masjid Nabawi.

Setelah itu, pada Jumat (6/11),  jemaah akan bertolak dari Madinah ke Makkah dan singgah di Bi’ir Ali untuk mengambil miqot. Setibanya di Makkah, jemaah akan check-in dan beristirahat di Hotel Swiss Al Maqom. "Setelah makan malam, jamaah akan dituntun untuk melaksanakan Umroh Pertama," kata dia.

Pada Sabtu (7/11), jemaah masih berada di Makkah dan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. Sedangkan pada Ahad (8/11), Jemaah akan berziarah ke Kota Makkah yakni ke Jabal Tsur, Jabal Nur, Jabal Rahmah, Arafah, dan Mina.

Di hari terakhir, Senin (9/11), selesai sholat subuh, jemmah bersiap melakukan Tawaf Wada (sesuai jadwal) setelah itu bersiap untuk Chek Out hotel. Jemaah akan diantar menuju bandara Jeddah King Abdul Aziz Airport untuk penerbangan kembali ke Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement