Rabu 04 Nov 2020 05:05 WIB

Mengapa Jangan Berkumur Setelah Gosok Gigi?

Sebagian besar orang kerap menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Sebagian besar orang kerap menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi (Foto: ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Sebagian besar orang kerap menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang kerap menggunakan obat kumur tepat setelah menggosok gigi, dengan harapan bisa mengangkat kotoran lebih maksimal. Tapi apakah itu benar-benar bisa membuat gigi lebih putih dan sehat?

Laman Womans World memberikan tips sederhana mengenai hal itu. Menurut mereka, berkumur dengan obat kumur antiseptik tepat setelah menggosok gigi dapat menghilangkan semua fluorida yang mencerahkan dan mengangkat enamel yang baru saja melekat pada gigi.

Baca Juga

Faktanya, banyak dokter gigi menyarankan untuk tidak berkumur-kumur setelah Anda menggosok gigi, bahkan dengan air biasa. Keluarkan saja sisa pasta yang berbusa dan biarkan sisa-sisanya menempel di gigi. Biarkan pasta itu bekerja setidaknya selama 30 menit sebelum dibilas, dimakan, atau diminum.

Selain membiarkan pasta menempel lebih lama, berkumur dengan obat antiseptik sebelum menggosok gigi juga memiliki beberapa manfaat sehat lainnya. Watertower Dental Care di Chicago menjelaskan bahwa hal tersebut dapat membantu membunuh bakteri jahat di mulut dan melonggarkan partikel atau plak yang menempel pada gigi dan gusi.

"Berkumur sebelum gosok gigi juga akan memudahkan sikat Anda untuk benar-benar membersihkan kotoran yang tersisa," kata pihak Watertower seperti dilansir dari Womans World pada Selasa (3/11).

Jadi perlu diingat, untuk hasil maksimal Anda perlu menunggu 30 menit untuk memberikan waktu fluoride bekerja secara maksimal. Anda bahkan bisa memakai alarm untuk membantu menghitung mundur waktunya. Memulai dengan obat kumur adalah cara mudah untuk memastikan gigi kita tetap sehat dan cerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement