Rabu 04 Nov 2020 12:10 WIB

Perusahaan Israel akan Menanam Daging di Luar Angkasa

Perusahaan Israel berupaya menumbuhkan daging di lab untuk dikonsumsi astronaut.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi
Foto: NASA
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan-perusahaan kini berlomba semakin terdepan dalam teknologi untuk menuju ruang angkasa. Salah satunya Aleph Farms.

Perusahaan di Israel yang baru saja mengumumkan program terbarunya, Aleph Zero yaitu upaya untuk menanam daging di luar angkasa. Daging yang diproduksi di luar angkasa ini diharapkan bisa dikonsumsi olah para astronaut ketika berada di Mars.

Baca Juga

Dilansir Universe Today, Rabu (4/11), tahun lalu, mereka berhasil menumbuhkan daging pertama di luar angkasa sebagai bagian dari kolaborasi dengan 3D Bioprinting Solutions. Pekerjaan dilakukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sejak itu, perusahaan menyibukkan diri dengan menjangkau badan antariksa dan perusahaan teknologi lainnya untuk membuat perjanjian penelitian dan pengembangan kerja sama. Meskipun belum ada perjanjian khusus yang terungkap, perusahaan telah merilis artikel Medium dengan tautan video dari CEO yang menjelaskan dorongan di balik inisiatif baru perusahaan.

Program seperti Artemis NASA dan misi Mars yang direncanakan SpaceX dapat secara eksponensial meningkatkan jumlah orang yang hidup dalam jangka panjang di luar angkasa. Jika sebuah perusahaan dapat memproduksi daging dalam skala industri dari bahan-bahan yang bersumber lokal seperti rencana Aleph dengan BioFarmsnya, itu bisa menjadi pengubah permainan bagi nutrisi penjelajah ruang angkasa di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement