Kamis 05 Nov 2020 06:54 WIB

Keutamaan Membaca Alquran Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan membaca Alquran.

Keutamaan Membaca Alquran Bagi Ibu Hamil. Foto: Ibu Hamil (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Keutamaan Membaca Alquran Bagi Ibu Hamil. Foto: Ibu Hamil (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Majelis Tarjih Muhammadiyah, ketenangan jiwa bagi orang hamil berpengaruh bagi kehamilannya.  Karena itu, ibu hamil pun tidak lepas dari perintah umum untuk membaca Alquran. Hal ini dilakukan semata-mata karena ibadah untuk memenuhi perintah Allah SWT.

Mengenai tradisi membaca QS Yusuf dan Maryam, Majelis Tarjih menegaskan, tidak ada dalil kuat jika membaca surah tersebut akan berpengaruh bagi kandungan. Alhasil, ibu hamil pun dapat membaca Alquran tidak terbatas pada dua surah tersebut.

Baca Juga

"Yang jelas bacaan Alquran yang baik dan ikhlas akan membawa ketenangan hati. Hati yang tenang akan membawa pengaruh yang baik bagi janin dalam kandungan."

Indra pendengaran mulai berkembang pada pekan ke-8 dan selesai pembentukan pada pekan ke-24. Indra pendengaran ini juga dibantu oleh air ketuban yang merupakan penghantar suara yang baik. Janin akan mulai mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung dan suara udara dalam usus. Selain itu, janin akan bereaksi terhadap suara-suara keras, bahkan bisa membuat janin terkejut melompat. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS an-Nahl ayat 78.

"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur."

Dia akan menunjukkan respons khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan yang tak disukainya. Efek ini mampu dipertahankan setelah enam menit bayi tersebut lahir: si jabang bayi akan berhenti menangis, membuka mata, dan dia tampak lebih tenang saat dia diperdengarkan musik yang biasa didengarnya ketika di alam rahim. Janin, dengan demikian, menjadi terbiasa dengan rangsangan yang sama. Berdasarkan hal ini, sejumlah peneliti menyimpulkan, musik klasik dapat memberi pengaruh positif pada proses perkembangan janin. Inilah yang kemudian dikenal dengan Efek Mozart.

Musik ini pun sebenarnya bisa diganti dengan lantunan ayat Alquran. Efek bacaan tilawah sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah Sang Mahapencipta dapat menenangkan hati, baik bagi ibu maupun anak.

Pada 1984, konferensi kedokteran Islam Amerika Utara memaparkan hasil sebuah penelitian mengenai bacaan Alquran, yang mampu mendatangkan ketenangan jiwa bagi yang membacanya hingga 97 persen.

Penelitian lainnya menyebutkan, bayi yang baru berusia 48 jam akan memberikan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang ketika diperdengarkan bacaan Alquran. Bacaan itu akan membuat jiwanya menjadi tenang. Ketenangan ini akan membuat pertumbuhan janin di dalam rahim berlangsung secara optimal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement