Kamis 05 Nov 2020 05:15 WIB

MTQ Bisa Tingkatkan Ekonomi Warga

MTQ di Sumbar harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Suasana lomba MTQ (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri/c
Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PADANG -  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 di Sumatera Barat harus dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi MTQ akan mendatangkan kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia sehingga akan terjadi perputaran uang yang besar di Sumbar. Hal tersebut disampaikan Ketua Muhammadiyah Sumatera Barat Shofwan Karim pada Rabu (4/11)

"MTQ itu merupakan aset. Tidak hanya pelaksanaannya saja, tapi akan ada manfaat yang tidak dapat diukur. Tapi kita semua harus siap untuk sama-sama menjaga protokol kesehatan," katanya kepada Republika, Rabu (4/11).

Shofwan menyebut pelaksanaan MTQ memang diadakan di dua daerah saja yakni Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Namun dampak dari MTQ ini, kata dia akan terasa ke kabupaten dan kota lain seperti Istana Pagaruyung, Danau Singkarak di Kabupaten Tanah Datar, Kota wisata Bukittinggi, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang dan lain-lain. Ia memprediksi tempat-tempat tersebut akan menjadi tujuan destinasi wisata bagi kafilah peserta MTQ.

Meski begitu, ia mengingatkan agar para peserta MTQ tetap taat protokol kesehatan tidak hanya pada pelaksanaan MTQ di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang saja, tetapi juga di seluruh daerah yang akan dikunjungi peserta MTQ. Shofwan pun merasa pemerintah provinsi perlu kembali mempertegas imbauan tersebut.

Ia pun mengingatkan peluang Sumbar menjadi tuan rumah MTQ baru akan terjadi lagi berpuluh tahun ke depan. Sebelum 2020, Sumbar pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1983. MTQ XXVIII ini akan berlangsung sejak 12-21 November 2020 di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Oleh karena itu, momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Suatu kesempatan langka bagi kita warga Sumbar menjadi tuan rumah. Mari kita berikan kesan yang baik dari ajang MTQ," ucap Shofwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement