Rabu 04 Nov 2020 21:52 WIB

Arab Saudi Luncurkan Reformasi Tenaga Kerja Asing

Reformasi tenaga kerja mulai berlaku pada 14 Maret 2021.

Arab Saudi Luncurkan Reformasi Tenaga Kerja Asing (ilustrasi)
Foto: Arab News
Arab Saudi Luncurkan Reformasi Tenaga Kerja Asing (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (MHRSD) meluncurkan Labor Reform Initiative (LRI) di bawah National Transformation Program (NTP) yang bertujuan untuk mendukung visi Kementerian dalam membangun pasar kerja yang menarik, memberdayakan dan mengembangkan kompetensi tenaga kerja dan mengembangkan lingkungan kerja di Kerajaan. Inisiatif ini memungkinkan mobilitas pekerjaan dan mengatur penerbitan Visa Keluar dan Masuk Kembali.

Ini berlaku untuk semua pekerja ekspatriat di sektor swasta dan mencakup langkah-langkah pengendalian khusus yang diberlakukan untuk mempertimbangkan hak-hak kedua belah pihak dalam hubungan kontrak.

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (4/11), reformasi tersebut mulai berlaku pada 14 Maret 2021. MHRSD menyatakan bahwa inisiatif ini akan memperbaiki dan meningkatkan efisiensi lingkungan kerja di Arab Saudi dan melengkapi inisiatif serupa yang diluncurkan dalam hal ini, termasuk: sistem perlindungan upah, dokumentasi digital pekerjaan kontrak, pendidikan tenaga kerja dan inisiatif kesadaran, dan peluncuran "Wedy" untuk penyelesaian perselisihan perburuhan.

Selain program-program lain tentang pengembangan dan perbaikan lingkungan kerja dan perlindungan hak-hak kedua belah pihak dalam hubungan kerja. LRI berupaya meningkatkan fleksibilitas, efektivitas, dan daya saing pasar tenaga kerja serta meningkatkan daya tariknya sejalan dengan praktik internasional terbaik dan hukum ketenagakerjaan Saudi.

Ini juga mengaktifkan perjanjian kontrak antara karyawan dan pemberi kerja berdasarkan kontrak kerja mereka melalui dokumentasi digital dari kontrak tersebut, yang akan berkontribusi untuk mengurangi disparitas antara pekerja Saudi dan ekspatriat. Hal ini, pada gilirannya, akan berdampak positif pada pasar kerja dengan meningkatkan peluang kerja bagi orang Saudi sekaligus meningkatkan daya tarik pasar kerja lokal untuk talenta terbaik.

Mobilitas karyawan akan memungkinkan pekerja asing untuk berpindah antar pemberi kerja setelah berakhirnya kontrak kerja yang mengikat tanpa persetujuan pemberi kerja. Inisiatif ini juga menguraikan kondisi yang berlaku selama masa berlaku kontrak, dengan syarat periode pemberitahuan dan langkah-langkah spesifik dipatuhi.

Reformasi Visa Keluar dan Masuk Kembali memungkinkan pekerja asing untuk bepergian ke luar Arab Saudi tanpa persetujuan majikan setelah mengajukan permintaan: majikan akan diberitahu secara elektronik tentang keberangkatan mereka.

Reformasi Final Exit Visa memungkinkan pekerja asing meninggalkan Kerajaan setelah kontrak kerja berakhir tanpa persetujuan pemberi kerja dan akan memberi tahu pemberi kerja secara elektronik dengan pekerja yang menanggung semua konsekuensi (finansial atau lainnya) terkait dengan pemutusan kontrak kerja. Ketiga layanan tersebut akan tersedia untuk umum melalui aplikasi smartphone (Absher) dan (Qiwa) portal MHRSD.

LRI hadir untuk meningkatkan daya saing pasar tenaga kerja lokal Saudi dan menjadikannya setara dengan pasar internasional serupa. Ini juga akan meningkatkan peringkatnya pada indikator daya saing internasional karena meningkatkan peraturan ketenagakerjaan menjadi praktik internasional sejalan dengan konvensi ketenagakerjaan yang ditandatangani.

LRl juga diharapkan dapat mengurangi jumlah kasus perselisihan antara pemberi kerja dan karyawan serta menarik orang-orang berkaliber tinggi dari seluruh dunia.

LRI juga diharapkan memiliki beberapa efek ekonomi, termasuk mengembangkan pasar lokal dan fleksibilitas kerja, meningkatkan produktivitas di sektor swasta, menarik bakat yang sangat terampil, dan pada akhirnya berkontribusi untuk mencapai tujuan Visi Kerajaan 2030 melalui Program Transformasi Nasional.

LRI dicapai melalui kerjasama dan kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Pusat Informasi Nasional, dan dengan dukungan dari beberapa lembaga pemerintah lainnya.

Itu telah diawali oleh beberapa pertemuan dan lokakarya dengan perwakilan dari sektor swasta dan Dewan Kamar Saudi dan didasarkan pada studi dan penelitian yang memasukkan praktik terbaik internasional di bidang ini.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement