Kamis 05 Nov 2020 06:49 WIB

Sabar, Penghitungan Surat Suara Pilpres AS 2020 Lambat

Pengiriman surat suara lewat pos karena pandemi membuat penghitungan butuh waktu lama

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
 Seseorang berdiri di bilik pemungutan suara sambil bersiap untuk memberikan surat suara di lokasi pemungutan suara di dalam Show Place Arena di Upper Marlboro, Maryland, AS, 02 November 2020. Warga Amerika berpartisipasi dalam pemungutan suara awal menjelang Hari Pemilu untuk memilih antara pemilihan ulang Donald J. Trump atau memilih Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat untuk melayani dari tahun 2021 hingga 2024.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Seseorang berdiri di bilik pemungutan suara sambil bersiap untuk memberikan surat suara di lokasi pemungutan suara di dalam Show Place Arena di Upper Marlboro, Maryland, AS, 02 November 2020. Warga Amerika berpartisipasi dalam pemungutan suara awal menjelang Hari Pemilu untuk memilih antara pemilihan ulang Donald J. Trump atau memilih Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat untuk melayani dari tahun 2021 hingga 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Petugas pemilu di beberapa negara bagian utama AS terus menghitung surat suara pada Rabu (4/11). Mereka berkejaran dengan waktu menghitung suara yang telah diberikan pada hari pemilihan, Selasa (3/11) untuk menentukan presiden antara Donald Trump dan Joe Biden.

Kondisi tersebut tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sebab negara bagian dibanjiri kiriman surat suara akibat adanya pandemi Covid-19. Tahun ini, dengan begitu banyak surat suara dan persaingan ketat di negara bagian utama, menghitung setiap suara diperkirakan akan memakan waktu lebih lama.

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Georgia, Brad Raffensperger, mengatakan kota harus menyelesaikan penghitungan suara pada akhir Rabu, dengan sekitar 200.000 surat suara tersisa untuk dihitung hingga larut pagi. Ada selisih tipis antara Trump dan Biden di Georgia, persaingan ketat di negara bagian yang tidak mendukung Demokrat untuk menjadi presiden sejak 1992.

“Tim saya mengingatkan kota untuk mendapatkan semua (suara), izinkan saya ulangi, semua hasil kami dihitung hari ini. Setiap suara sah akan dihitung," kata Raffensperger.

Sedangkan di Michigan, setidaknya 100.000 surat suara masih harus dihitung sekitar tengah hari. Menteri Luar Negeri Michigan, Jocelyn Benson, menyatakan, banyak suara itu berasal dari kota-kota Demokrat, termasuk Detroit, Grand Rapids, Flint, dan Kalamazoo.

“Surat suara ini diberikan oleh puluhan ribu warga Michigan yang memiliki hak untuk menghitung suara mereka. Kami akan memastikan bahwa hak dilindungi," kata Benson meminta kesabaran.

Nevada diprediksi tidak bisa merilis penghitungan hasil baru hingga Kamis (5/11) pagi. Pejabat pemilihan negara bagian mengatakan, surat suara yang diterima pada hari pemilihan belum dihitung dan tidak termasuk dalam hasil tidak resmi yang menunjukkan Biden unggul tipis atas Trump. Selain itu, surat suara akan terus diterima jika diberi cap pos selambat-lambatnya pada Selasa.

Jumlah surat suara yang belum dihitung sulit diperkirakan karena Nevada memilih untuk mengirim surat suara ke semua 1,7 juta pemilih terdaftar aktif tahun ini karena pandemi. Kondisi itu membuat pemerintah negara bagian sulit untuk memprediksi berapa banyak yang akan memilih untuk mengembalikannya.

North Carolina memperlihatkan petugas pemilu sedang menghitung surat suara di menit-menit terakhir pada Rabu. Negara bagian ini akan terus memproses dan menghitung surat suara yang dikirim oleh Layanan Pos hingga 12 November, selama surat itu diberi cap pos pada hari pemilihan.

Hasil keseluruhan penghitungan telah selesai, dan Trump unggul tipis atas Biden. Namun, dewan negara bagian telah memperpanjang tenggat waktu bagi surat suara yang tidak masuk untuk diterima di kantor pemilihan lokal dari 6 November hingga 12 November sebagai bagian dari keputusan persetujuan dalam gugatan negara bagian oleh para pendukung hak suara. Mereka harus diberi cap pos pada Hari Pemilu.

Diperkirakan satu juta surat suara masih harus dihitung di Pennsylvania. Pejabat pemilihan negara bagian telah berulang kali memperingatkan menjelang hari pemilihan akan memakan waktu berhari-hari untuk menghitung.

Kondisi itu terjadi karena lonjakan besar-besaran dalam surat suara yang dikirimkan melalui pos yang disebabkan oleh pandemi dan perubahan baru dalam undang-undang negara bagian. Kondisi yang memperlambat proses penghitungan adalah para pejabat pemilihan lokal tidak dapat mulai memproses dan memindai surat suara menjelang hari pemilihan, seperti yang dilakukan kebanyakan negara bagian.

“Menghitung suara yang diberikan melalui surat, jika Anda akan melakukannya dengan benar dan Anda akan melakukannya secara akurat - karena tidak ada pilihan lain - membutuhkan sedikit waktu,” kata Komisaris Kota, Al Schmidt.

Sedangkan di Wisconsin, semua surat suara telah dihitung dengan pengecualian 300 suara yang beredar dari satu kota kecil dan sejumlah surat suara sementara yang tidak terhitung jumlahnya. Keunggulan Biden sekitar 20.000 suara, atau sekitar enam persepuluh poin persentase, dan dalam margin 1 poin negara bagian untuk penghitungan ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement