Kamis 05 Nov 2020 07:00 WIB

Saudi Ringankan Pembatasan Kontroversial pada Pekerja Asing

Aturan baru akan mulai berlaku pada 14 Maret dan berlaku untuk semua pekerja asing.

Saudi Ringankan Pembatasan Kontroversial pada Pekerja Asing (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Saudi Ringankan Pembatasan Kontroversial pada Pekerja Asing (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Arab Saudi akan menghapus beberapa pembatasan utama pada pekerja asing dalam perombakan kebijakan ketenagakerjaan kerajaan yang kontroversial, bagian dari rencana untuk menarik bakat luar negeri dan meningkatkan mobilitas pasar kerja.

Dilansir dari BNN Bloomberg, Rabu (4/11) warga non-Saudi tidak lagi membutuhkan izin majikan mereka untuk berganti pekerjaan, bepergian ke luar negeri atau meninggalkan negara secara permanen, menurut Sattam Alharbi, wakil menteri di Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial. Laporan "pelarian" bahwa majikan dapat mengajukan tuntutan terhadap pekerja asing yang berhenti muncul untuk pekerjaan mereka - yang secara efektif menjadikan mereka buronan - akan dihapuskan dan diganti dengan prosedur untuk mengakhiri kontrak mereka, kata Alharbi dalam wawancara dengan Bloomberg pada hari Rabu.

Aturan baru akan mulai berlaku pada 14 Maret dan berlaku untuk semua pekerja asing di sektor swasta, berapa pun tingkat gajinya, katanya. Perubahan tersebut dapat memiliki efek dramatis pada pasar tenaga kerja Arab Saudi dan kehidupan 10,5 juta pekerja asing yang merupakan sepertiga dari populasi kerajaan.

Sistem "kafala" atau "sponsor" saat ini, yang digunakan untuk ekspatriat di negara-negara Teluk Arab selama beberapa dekade, telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia sebagai bentuk penghambaan kontrak. Beberapa ekonom berpendapat bahwa sistem itu juga mengakar pada praktik majikan swasta yang mempekerjakan pekerja asing yang lebih murah dan lebih mudah dikendalikan yang menikmati sedikit perlindungan, bahkan ketika pengangguran Saudi meningkat.

“Perubahan ini bukanlah perubahan kecil - ini sangat besar,” kata Alharbi, menjelaskan bahwa pemerintah telah mengerjakan perombakan selama dua tahun. "Kami bertujuan untuk mencapai lebih banyak inklusi bagi orang Saudi, menarik bakat, meningkatkan kondisi kerja, membuat pasar tenaga kerja Arab Saudi lebih dinamis dan produktif."

Saat ini, pekerja asing terikat dengan sponsor pekerjaan yang izinnya mereka butuhkan untuk pindah ke pekerjaan lain, meninggalkan negara untuk berlibur atau bahkan untuk mengganti ID yang hilang. Di bawah aturan baru, mereka masih harus membayar “visa keluar” untuk meninggalkan negara, tetapi mereka dapat memintanya sendiri melalui sistem “Absher” pemerintah, tanpa persetujuan majikan mereka. Mereka juga akan dapat menggunakan Absher untuk meminta pengalihan sponsor ke perusahaan lain, terlepas dari apakah perusahaan tersebut menyetujuinya.

Dampak dari aturan baru akan bergantung pada bagaimana mereka diterapkan, dengan perubahan sebelumnya pada praktik perburuhan Saudi yang dianggap tidak memadai oleh kelompok hak asasi manusia. Beberapa negara tetangga telah mengambil langkah untuk mereformasi kafala tanpa sepenuhnya menghentikannya. Perubahan yang diumumkan pada hari Rabu tidak akan berlaku untuk 3,7 juta pekerja rumah tangga Arab Saudi, misalnya - kategori orang asing di antara yang paling rentan terhadap pelecehan. Namun peraturan terpisah yang mengatur pekerja rumah tangga juga sedang ditinjau, kata Alharbi.

“Kami mengambil pendekatan lain untuk mengembangkan regulasi tenaga kerja rumah tangga dan meninjau keseluruhan proses,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement