Kamis 05 Nov 2020 13:45 WIB

139 Negara Akui Masjidl Haram Sebagai Situs Muslim

Sekitar 139 negara PBB menyetujui resolusi bila Majidil Aqsa itu situs Muslim

Senja merah di Masjidil Aqsa Yerusalem.
Foto: Google.com
Senja merah di Masjidil Aqsa Yerusalem.

IHRAM.CO.ID, -- Sekitar 139 negara Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui resolusi pada hari Kamis yang berbicara tentang komplesk Masjidil Aqsa semata-mata sebagai situs suci Islam, dengan merujuknya hanya dengan nama Muslimnya al-Haram al-Sharif.

Itu adalah salah satu dari tujuh resolusi pro-Palestina, anti-Israel yang disahkan oleh Komite Keempat Majelis Umum PBB di New York pada hari Rabu.

 

Resolusi yang berbicara tentang Yerusalem termasuk bahasa yang merujuk pada hubungan ketiga agama monoteistik ke Yerusalem. Resolusi tersebut, dalam bahasanya, menyebut Yerusalem sebagai "diduduki" hanya mengacu pada Yerusalem timur.

 

Seperti dilansir Jerusalem Post, Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan mengatakan kepada komite bahwa resolusi tersebut sepenuhnya mengabaikan hubungan apa pun antara orang-orang Yahudi dan Temple Mount -sebagai situs tersucinya. "Ini memalukan. Upaya berani untuk menulis ulang sejarah tidak akan mengubah fakta yang tak terbantahkan bahwa hubungan orang Yahudi dengan kota Yerusalem sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu."

“Mereka juga tidak akan mengubah fakta bahwa hari ini, hubungan kami ke Yerusalem lebih kuat dari sebelumnya. Semakin banyak negara yang memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem, ibu kota kami yang bersatu dan tidak terbagi, ”kata Erdan.

Ini, karena pemerintahan Trump telah meningkatkan upayanya untuk menggarisbawahi hubungan antara Israel ke Yerusalem, yang merupakan ibu kota negara modern dan tempat paling suci dari situs-situs Yahudi, kota suci Yahudi telah berdiri di zaman Biblical.

“Tidak seperti ruangan ini yang terlepas dari kenyataan, semakin banyak negara yang mengakui bahwa Yerusalem adalah ibu kota orang-orang Yahudi dan negara Yahudi yang tak terbantahkan. Sebagai Menteri Keamanan Publik, saya memastikan bahwa semua agama memiliki akses ke situs suci Yerusalem,'' ujarnya lagi.

Duta besar Israel di PBB ini kemudian menyatakan bila tidak ada resolusi yang disahkan di sini yang akan mengubah hubungan abadi antara orang-orang Yahudi dan situs paling suci dari imannya - Har HaBayit, Temple Mount, ”kata Erdan, saat dia menggunakan kata Ibrani untuk situs itu.

"Selama bertahun-tahun Palestina telah mempromosikan bahasa yang hanya mencakup istilah Muslim" Haram al-Sharif "dan dengan sengaja mengecualikan nama Yahudi - Temple Mount," kata Erdan.

Dia mengatakan kepada negara-negara anggota PBB bahwa dukungan mereka telah memberanikan orang-orang Palestina tersebut tidak hanya menyangkal koneksi Yahudi ke situs-situs ini, tetapi juga menolak akses Muslim ke situs-situs tersebut, sambil mengancam kekerasan. "Dengan mendukung resolusi ini Anda berbagi tanggung jawab atas perilaku ini, ”kata Erdan.

 

Resolusi tersebut merupakan langkah terbaru dalam pertempuran panjang antara Israel dan negara-negara Muslim terkait status Yerusalem, khususnya Masjidl Aqsa atau yang disebut pemelukYahudi sebagai Temple Mount, yang merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement