Jumat 06 Nov 2020 05:02 WIB

Perjuangan Warga Keturunan Arab di Kuba

Keturunan Arab di Kuba mulai dari melawan kolonialisme hingga berjuang bertahan hidup

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Esthi Maharani
Bendera Kuba
Foto: VOA
Bendera Kuba

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengaruh Arab di Kuba lekat dan dirasakan dalam literatur, yang sering merujuk pada solidaritas, kebebasan, dan peluang terkait Timur Tengah. Sebelum kematiannya pada tahun 1895 selama perang kemerdekaan Kuba melawan Spanyol, pahlawan nasional Jose Marti menulis:

“Tanpa kepalsuan, oh Arab, aku salut pada kebebasanmu, kemahmu, dan kudamu…” kata dia, sebagaimana dikutip middleeasteye.com.

Sebagian besar karyanya, termasuk puisi seperti Arab dan Let Us Be Moors, mengungkapkan solidaritas dengan pemberontakan anti-kolonial Arab di akhir abad ke-19 di Maroko dan Mesir.

Pada tahun 2019, Kuba adalah salah satu negara minoritas yang mengakui kemerdekaan Sahrawi dan menjadi tuan rumah bagi presidennya. Demikian pula, Origins, buku 2008 novelis Lebanon Amin Maalouf tentang sejarah keluarga, menelusuri pola saling menghormati ini melalui surat tahun 1912 pamannya Gebrayel M Maalouf, yang memuji Kuba yang baru merdeka sebagai tanah peluang dan janji.

Transisi Kuba dari kapitalisme ke sosialisme di bawah Castro bertepatan dengan dekade terakhir dekolonisasi global dan kebangkitan solidaritas anti-imperialis dengan negara-negara Arab dari Aljazair hingga Suriah.

Bahkan sebelum Castro berkuasa, Kuba adalah satu-satunya negara Amerika Latin yang memberikan suara menentang pembentukan Negara Israel di PBB pada tahun 1947. Direktur museum dan sejarawan Rigoberto Menendez  mengatakan pemungutan suara tersebut mencerminkan baik "suara internal orang Arab Kuba" dan warisan perjuangan Kuba.

Presiden Uni Arab di Kuba, Alfredo Deriche, lahir dari ayah Palestina dan tetap menjadi pendukung perjuangan Palestina. Dia mengatakan fokus serikat pekerja sekarang kurang politis.

"Kami selalu non-diskriminatif dan menerima setiap orang Arab yang mencari jaringan dan dukungan di Kuba," kata dia.

Saat ini, Keturunan Arab di Kuba dapat dikenal memiliki semangat bertahan hidup yang tinggi. Semangat untuk bertahan hidup tampak di pinggiran pinggir laut yang trendi di Vedado. Restoran Beirut Shawarma adalah salah satu dari sedikit restoran yang menyajikan makanan halal di Kuba.

Elias Haddad - lahir di Majd al-Shams yang diduduki Israel di Dataran Tinggi Golan Suriah - mengelolanya atas nama pemilik Suriah, Wael Mansour. Haddad mengatakan toko tersebut mempekerjakan tukang daging Yaman yang memenuhi syarat dan membuat roti Arabnya sendiri. Bisnisnya sempat dilanda topan di tahun pertamanya pada 2017, tetapi sejak itu pulih.

“Tidak ada asuransi untuk perusahaan swasta di Kuba, jadi beberapa aspek menjalankan bisnis itu sulit. Tidak seperti negara kapitalis, perubahan hukum sering terjadi dan tidak dapat diprediksi,” ujarnya menambahkan.

Haddad belajar teknik di Kuba selama 1980-an dan 1990-an, kemudian kembali ke Suriah setelah 12 tahun bersama istri Kuba, Olga-Lidia, dan putranya Nicola. Pecahnya kekerasan di Suriah pada tahun 2011 memaksa keluarga tersebut kembali ke Kuba di mana mereka telah bergabung dengan kelompok baru orang Arab yang melarikan diri dari kekacauan di Timur Tengah ke salah satu dari sedikit negara yang bersedia menerima mereka.

Haddad mengatakan beberapa pengungsi Suriah di Kuba menerima dukungan keuangan PBB. “Beberapa dari mereka mengira mereka bisa datang ke Kuba dan naik perahu menyeberang ke Amerika,” katanya.

“Mereka tidak mengerti betapa sulitnya masuk ke AS. Saya memiliki seorang putri yang menikah dengan seorang Kuba di Miami, tetapi saya tidak dapat pergi menemuinya."

Ada batasan Undang-undang Kuba yang mewajibkan properti asing dan pemilik bisnis memiliki mitra Kuba mempersulit kedatangan individu untuk bergabung dengan perusahaan swasta atau memiliki properti yang sedang berkembang di negara itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement